09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Dampak negatif saat anak kebanyakan makan buah

KategoriNutrisi
Di lihat1315 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apakah ada efek negatif saat anak kebanyakan makan buah-buahan?

Buah-buahan dikenal sebagai bahan makanan yang sangat baik bagi tubuh, termasuk bagi si kecil. Sepaket vitamin esensial dan antioksidan yang penting bagi pertumbuhan si kecil terkandung dalam buah-buahan. Buah-buahan juga sangat praktis disajikan sebagai camilan yang lezat dan sehat bagi si kecil, menggantikan fast food atau camilan tak sehat lainnya. Namun, bolehkah anak-anak mengkonsumsi terlalu banyak buah-buahan? Adakah porsi ideal yang dianjurkan bagi si kecil dalam mengkonsumsi buah-buahan?

Baca juga: Tips meredakan perut kembung anak

Porsi ideal buah untuk si kecil

Asosiasi ahli gizi di Australia merekomendasikan porsi buah-buahan yang ideal untuk dikonsumsi anak-anak setiap harinya. Balita berusia 2 hingga 3 tahun sebaiknya mengkonsumsi satu porsi buah-buahan. Anak-anak berusia 4 hingga 8 tahun bisa mengkonsumsi buah-buahan lebih banyak, yaitu sekitar satu setengah hingga dua porsi per hari. Pada anak berusia dia atas 9 tahun bisa mengkonsumsi 2 porsi buah-buahan setiap harinya.

Satu porsi buah-buahan untuk anak-anak kira-kira sama dengan setengah porsi orang dewasa, atau sama dengan:

  • Setengah buah apel, pisang, jeruk, atau pir utuh.
  • Satu butir buah-buahan kecil seperti aprikot atau plum.
  • Satu sendok teh buah-buahan kering seperti kismis, atau sultana.
  • Setengah cangkir buah-buahan kalengan.

Dampak negatif konsumsi buah berlebih

Karena berbagai manfaatnya bagi tubuh, buah-buahan baik dimakan setiap hari, tentunya dalam porsi yang tepat. Mengkonsumsi terlalu banyak buah-buahan dapat menimbulkan efek negatif. Buah-buahan mengandung gula alami yang berarti tambahan kalori bagi si kecil.

Baca juga: 6 Tips agar si kecil gak gampang sakit

Karena itu, ayah bunda tidak dianjurkan untuk menyajikan beberapa jenis buah-buahan kaya gula seperti pisang, anggur, ceri, apel, dan beri-berian bersama-sama. Anak-anak juga cenderung kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan protein bila ia telah dikenyangkan oleh buah-buahan. Padahal, kedua nutrisi ini penting bagi anak-anak di masa pertumbuhannya.

Tips penyajian buah untuk anak

Beberapa tips di bawah ini dapat membantu bunda dalam menyajikan buah-buahan dengan cara yang sehat.

1. Prioritaskan untuk memberikan buah-buahan segar bagi si kecil, bukan buah kering. Buah kering, sekalipun mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh, ternyata memiliki kandungan gula yang lebih tinggi karena pemanis yang ditambahkan dalam proses pengolahannya. Selain itu, dalam produk buah kering biasanya juga ditambahkan pengawet. Karena itu, berikan buah kering sekali-sekali saja sebagai selingan.

2. Berikan berbagai macam buah kepada si kecil. Anak-anak membutuhkan berbagai nutrisi penting yang terkandung dalam bermacam-macam buah. Berikan bermacam-macam buah berdasarkan musim supaya si kecil memperoleh berbagai zat penting yang ia butuhkan.

Baca juga: Tips menguji pendengaran si buah hati

3. Sajikan buah dengan berbagai pelengkap supaya lebih menarik, seperti yogurt atau keju, atau bunda juga bisa menyajikan paduan lezat buah-buahan yang dihaluskan dengan susu atau yogurth.

4. Pastikan si kecil beraktivitas dengan aktif sehingga kalori yang diasupnya dari buah-buahan dan makanan lainnya terbakar, serta selalu berikan contoh bagi si kecil untuk gemar memakan buah-buahan dengan cara yang sehat.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru