09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah sumber cairan terbaik berdasarkan usia si kecil

KategoriBayi
Di lihat1827 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah jenis minuman terbaik untuk bayi dan balita

Tidak hanya makanan, jenis minuman untuk bayi dan balita pun harus dipilih secara cermat. Terdapat fase-fase dimana kita boleh memberikan jenis minuman tertentu pada bayi dan balita sesuai usianya. Sembarangan memberikan minuman tidaklah bijak sebab dalam setiap tahapan usia kebutuhan si kecil terhadap sumber cairan dan nutrisi tidaklah sama.

Bayi di bawah 6 bulan

Bayi di bawah 6 bulan hanya memerlukan ASI. Pada usia ini si kecil belum memerlukan minuman lain termasuk air putih. Dehidrasi pada bayi amat sangat jarang terjadi selama ia mendapatkan cukup air susu ibu.

Baca juga: Tips redakan perut kembung si kecil

Para ahli sepakat bahwa minuman terbaik untuk anak pada usia ini adalah ASI. Meskipun susu formula mengandung vitamin dan protein yang dibutuhkan bayi, ia tidak seistimewa ASI. Selain mengandung cukup nutrisi, ASI juga mengandung antibodi yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh bayi.

Disamping itu, susu sapi yang terkandung dalam susu formula tidak dapat dicerna dengan sempurna oleh sistem pencernaan bayi di bawah 12 tahun. Ini lah sebabnya susu sapi tidak boleh diberikan pada bayi dengan usia dibawah 1 tahun. Penelitian membuktikan bahwa ASI bisa menghindarkan anak anda dari resiko penyakit menurun seperti asma, diabetes, dan alergi makanan. Si kecil yang diberi cukup ASI juga lebih jarang mengalami obesitas. Bahkan bagi bayi perempuan, ASI diduga mampu mengurangi resiko kanker payudara ketika dewasa.

Usia 6 hingga 12 bulan

Setelah bayi berusia 6 bulan ayah dan bunda boleh memberikan sedikit air putih sebagai tambahan minuman terutama ketika cuaca panas. Pada balita berusia lebih dari 12 bulan berikan air yang cukup, terutama pada saat mereka banyak beraktivitas secara fisik. Air yang cukup akan menghindarkan balita dari dehidrasi, kelelahan, kelemahan otot, dan sakit kepala.

Baca juga: 7 Tips mudah melatih ketajaman penglihatan si kecil

Menurut Nicolas Stettler, M.D., seorang profesor di bidang Gizi dan Epidemiologi di Children’s Hospital of Philadelphia, memperkenalkan air putih sedini mungkin sebagai minuman kepada balita  adalah penting. Hal ini dikarenakan balita yang dibiasakan mengkonsumsi minuman yang mengandung gula akan lebih memilih minuman berpemanis. Jika tidak dikontrol, kebiasaan ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan dikemudian hari.

Di atas usia 12 bulan

Hingga si kecil berusia 12 bulan sebaiknya ia masih diberi ASI. Setelah bayi berusia di atas 12 bulan mulailah memberikan susu sapi sebagai pelengkap ASI dan makanan padat. Susu sapi baik bagi balita pada usia ini karena ia merupakan sumber gizi yang sempurna yang mengandung lemak, protein, kalsium, riboflavin dan vitamin B12.

Susu rendah lemak tidak dianjurkan bagi anak berusia di bawah 2 tahun karena pada usia tersebut anak masih membutuhkan asupan lemak yang terkandung dalam susu sapi tersebut. Susu rendah lemak dapat diberikan pada balita berusia di atas 2 tahun. Pada usia ini susu rendah lemak akan mencukupi kebutuhan vitamin D dan kalsium anak tanpa membuatnya terlalu banyak mengkonsumsi kalori.

Baca juga: 6 Rekomendasi ahli agar si buah hati tak mudah sakit

Minuman alternatif untuk si kecil

Sebagai alternatif, jus buah dapat diberikan sesekali. Pada anak berusia 1 hingga 6 tahun,  sekitar 170 ml jus buah sehari sudah bisa memenuhi kebutuhannya. Tapi lebih baik memberikan jus buah tanpa gula atau buah utuh untuk menghindarkan anak anda dari konsumsi gula yang berlebih. Satu hal lagi yang perlu diingat, hindari memberikan kopi, teh, dan minuman berenergi. Disamping tinggi kalori, kaffein yang terkandung di dalamnya tidak sehat untuk si buah hati.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru