09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah sumber protein nabati terbaik bagi si kecil

KategoriNutrisi
Di lihat1604 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

ragam jenis makanan sumber protein untuk anak

Protein berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi, khususnya  ditahun-tahun pertama. Pada 12 bulan pertama pertumbuhan bayi berlangsung begitu pesat dibanding pada usia setelahnya. Oleh karenanya, ditahun pertama ini sangat penting bagi ayah bunda agar memberikan asupan nutrisi terbaik bagi si kecil termasuk diantaranya adalah asupan protein yang berkualitas.

Baca juga: Manfaat hebat mangga bagi si buah hati

Bila ayah dan bunda sekeluarga memutuskan untuk menjadi vegetarian, khusus si kecil, cobalah untuk menghubungi dokter atau praktisi kesehatan guna memastikan kebutuhan protein dan nutrisi lain bagi si kecil tetap terjaga. Pasalnya, menghilangkan daging dari menu harian si kecil harus dikompensasi dengan sumber protein nabati yang tepat. Hal ini dilakukan untuk menghindari dampak kekurangan zat-zat penting yang sangat dibutuhkannya dalam proses pertumbuhan. Sebagai contoh, vitamin B12 hanya dapat diperoleh melalui makanan hewani. Vitamin B12 penting untuk pembentukan sel darah merah dan membantu pembentukan energi bagi tubuh.

Fungsi protein bagi pertumbuhan si kecil

Protein berfungsi untuk merawat dan memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang, otot, kulit, rambut, dan organ-organ penting lainya. Selain itu, protein juga diperlukan dalam proses penyembuahan luka sehingga dapat membantu penyembuhan ketika terjadi luka atau lecet pada kulit si kecil.

Baca juga: Tips ampuh mengatasi kulit kering bayi

Tips memilih sumber protein untuk si buah hati

1. Produk susu termasuk susu sapi, keju, dan yogurth kaya akan kalsium yang baik bagi pertumbuhan tulang, disamping juga memiliki kandungan protein dengan kadar tinggi tinggi. Ayah bunda dapat memberikan produk susu tersebut sebagai bahan pelengkap makanan harian mereka. Si kecil yang berusia di atas 1 tahun dan di bawah 2 tahun sebaiknya memperoleh produk susu dengan kandungan lemak penuh.

2. Bila bunda mencari menu kaya protein yang pasti disukai si kecil, cobalah telur. Telur mudah divariasikan dalam berbagai jenis menu yang menarik bagi anak-anak.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Namun, selalu ingat untuk tidak meberikan kacang utuh kepada anak berusian di bawah 4 tahun karena ia mungkin mengalami kesulitan untuk mengunyahnya. Haluskan kacang atau gunakan pasta kacang sebagai gantinya. Bunda juga bisa mencoba memberikan peanut butter sebagai teman makan roti si kecil.

Baca juga: Tips menyiasati tidur bayi yang baru lahir

4. Tahu, tempe, susu kedelai, yogurth kedelai, dan keju kedelai dapat menjadi panganan kaya protein bagi si kecil yang vegetarian. Namun, pastikan memilih produk kedelai yang diperkaya dengan kalsium yang penting bagi si kecil. Label yang tercantum dalam kemasan bisa menunjukkan apakah produk tersebut mengandung cukup kalsium atau tidak.

5. Konsumsilah kacang lentil dan kacang polong. Dan, jangan pula meremehkan kandungan protein dalam kacang-kacangan yang dikukus atau dipanggang. Semua makanan ini selain lezat dikonsumsi sebagai snack, juga kaya akan kandungan protein.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru