09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah tips agar si kecil aman ketika berada diluar rumah

KategoriParenting
Di lihat245 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips aman ketika balita dijalan

Tak hanya menjaga keamanan didalam rumah, keamanan ketika si kecil berada di luar rumah atau ketika berkunjung ke rumah orang lain pun perlu diperhatikan. Anak usia dua tahun keatas sudah mahir berjalan bahkan berlari, jika si buah hati bermain di pekarangan atau di teras rumah, pastikan aman dari potensi bahaya yang mungkin ada. Ketika sedang berkunjung ke rumah famili, selalu awasi kegiatan si kecil tanpa harus terlalu membatasi aktivitas mereka.

Aman dari sinar matahari

Sebagaimana orang dewasa, si kecil memerlukan sinar matahari dalam kadar tertentu terutama untuk keperluan produksi vitamin D dalam tubuh mereka. Karena negara kita berada di daerah tropis dimana sinar matahari sangat berlimpah, kurangi paparan sinar matahari terhadap si kecil terutama antara jam 11 siang sampai 3 sore. Upayakan menggunakan pelindung tubuh seperti pakaian lengan panjang dan topi untuk melindungi kulit si kecil dari sengatan sinar matahari.

Jika sedang bermain di pantai atau berenang disiang hari, gunakan krim pelindung sinar matahari khusus anak-anak dengan kandungan SPF (Sun protection factor) minimal 15. Krim tersebut dapat menangkal resiko bahaya sinar UVA dan UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar mengigat kulit si kecil lebih sensitif. Sebisa mungkin ajak si kecil bermain di daerah yang cukup teduh.

Aman ketika dijalan

Usia balita adalah usia aktif, ayah bunda harus ekstra hati-hati jika mengajak si kecil jalan-jalan diluar rumah. Pegang tanganya erat-erat ketika berjalan dikeramaian agar tidak terpisah. Memberikan gelang dengan nama dan nomor kontak ayah bunda adalah tindakan preventif yang layak dilakukan jika si kecil terpisah dikeramaian. Jika si buah hati menggunakan kereta roda, selalu cek posisi sabuk pengaman untuk memastikan ikatanya.

Sambil berjalan, edukasi si kecil jika memungkinkan sesuai dengan pemahamanya. Pahamkan untuk selalu denkat dengan ayah bunda, apa itu lampu merah dan masing-masing arti warna lampunya, dimana kita boleh menyebrang jalan, dan dimana kita boleh berjalan. Sampaikan juga agar berhati-hati dengan orang tak dikenal. Jika si kecil sedang bermain bola dilapangan, berikan kebebasan tapi tetap awasi untuk memastikan keamananya.

Aman dalam kendaraan

Ketika si kecil dalam kendaraan termasuk kendaraan umum, ajarkan untuk selalu menjaga seamanan misalnya tidak mengeluarkan anggota badan lewat jendela. Jika naik kendaraan pribadi, pastikan menggunakan sabuk pengaman. Gunakan tepat duduk khusus balita yang sudah banyak dijual dipasaran. Jangan membiarkan si kecil sendiri di dalam mobil walaupun hanya sebentar, hati-hati dengan jendela kaca berpenggerak elektrik.

Jika ayah bunda menggunakan kendaraan motor roda dua, gunakan gendongan atau pengikat untuk si kecil. Hindari membonceng balita dibagian belakang motor tanpa pengaman tambahan meski si kecil sudah bisa berpehangan. Kenakan jaket pelindung dan helm khusus agar si buah hati tidak terpapar angin langsung. Jika bepergian jauh seperti keluar kota bersama si kecil, sebaiknya mengunakan kendaraan roda empat daripada roda dua.

Lebih baik mencegah daripada mengobati

Prinsip diatas juga berlaku dalam hal menjaga keamanan si kecil diluar rumah. Lebih baik ayah bunda sedikit cerewet dalam hal keamanan si kecil daripada mereka mengalami hal yang tidak diharapkan. Tentu tanpa harus terlalu mengekang mereka untuk bebas bergerak dan bermain sesuai dengan karakternya yang senang bereksplorasi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru