09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah tips agar si kecil tak stres di rumah sakit

KategoriParenting
Di lihat259 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Apa yang harus dilakukan jika si kecil harus di operasi

Jika si kecil sakit dan perlu dirawat dirumah sakit, tentu akan membuat ayah bunda sedih, tapi berusahalah untuk tetap tenang dan tersenyum dihadapan si buah hati. Anak balita sudah bisa merasakan kecemasan bunda dan mereka pun dapat ikut merasa cemas dan takut. Sebagian besar anak akan merasa tidak nyaman jika berada dirumah sakit, adalah peran ayah bunda untuk menenangkan si kecil agar cukup tenang menjalani perawatan yang diperlukan.

Sebelum berangkat ke rumah sakit

Perlu ayah bunda jelaskan secara sederhana pada si kecil bahwa dia akan dirawat dirumah sakit untuk membuatnya menjadi lebih baik. Bunda dapat meyampaikan bahwa kita akan bertemu dengan dokter dan suster yang baik. Beberapa rumah sakit anak memperbolehkan kunjungan tak resmi sebelum dirawat, jika diperlukan bunda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengenalkan lingkungan rumah sakit pada si kecil.

Jelelaskan secara sederhana tanpa harus berbohong apa yang akan dialami si buah hati, jawablah semua pertanyaan si kecil dengan jawaban yang bisa mereka difahami tapi sesuai fakta. Untuk mempersiapkan si kecil, bunda bisa membacakan buku cerita tentang rumah sakit atau bermain dokter-dokteran. Siapkan boneka atau mainan kesayangan untuk menemani si buah hati dirumah sakit.

Pada saat dirumah sakit

Selalu temani ketika si kecil menjalani pemeriksaan atau perawatan, pegang tanganya atau elus kepalanya jika memungkinkan. Keberadaan ayah bunda didekatnya akan memberikan ketenangan pada si kecil. Ketika bertemu dengan dokter dan suster, sampaikan bahwa mereka adalah teman yang akan membuanya lebih sehat. Jangan lupa untuk menyampaikan gejala si kecil dengan sejelas-jelasnya pada saat observasi atau pemeriksaan oleh dokter.

Jika pemeriksaan mengharuskan si kecil diambil sampel darah atau jaringan dan si kecil mulai menangis pada saat melihat jarum, tenangkan dia dan alihkan pandanganya agar tidak melihat jarum. Jika si kecil masih tetap menangis, tidak apa-apa, peluk dia jika memungkinkan.

Saat memberikan obat bisa menjadi saat yang penuh dengan tantangan karena si kecil dapat menolak minum obat. Siapkan minuman kesukaan si kecil untuk menghilangkan rasa obat atau minta dia memencet hidung. Sebagian besar obat untuk anak sudah tersedia dengan rasa yang dapat diterima si kecil. Jelaskan manfaat obat kepada mereka dengan bahasa yang sederhana agar mudah difahami. Minta pada perawat agar bunda sendiri yang memberikan obat jika diperbolehkan.

Jika si kecil harus di operasi

Sangatlah membantu jika ayah bunda menjelaskan apa yang akan terjadi tanpa harus menimbulkan ketakutan berlebih pada si kecil. Hindari berbohong untuk menenangkan sikecil. Jangan ragu untuk bertanya tentang detail prosedur pada dokter, tanyakan apakah ayah bunda dapat menemani si kecil pada saat anastesi. Setelah proses operasi selesai, pastikan ayah bunda berada di dekat si buah hati manakala dia mulai sadar.

Pengaruh obat anastesi bisa berlangsung selama beberapa jam setelah proses operasi sehingga membuat si kecil tertidur cukup lama. Setelah dia sadar jelaskan apa yang sudah terjadi. Jika ia di jahit, jelaskan tentang jahitanya dan laranglah dia untuk menggaruk dan bermain-main dengan jahitanya.

Melewati masa pemulihan

Selama masa pemulihan, pastikan dia mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Bujuk dia jika menolak makan, jelaskan bahwa makanan akan membuatnya lebih sehat dan cepat pulang. Sebaiknya ayah bunda jangan menjanjikan pulang jika belum pasti kapan si kecil akan pulang. Jika si kecil harus kontrol rutin, sampaikan bahwa dia akan kembali beberapa kali bertemu dengan dokter untuk memeriksa kondisi jahitanya agar cepat sembuh total dan dapat bermain kembali.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru