09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah tips seputar kebersihan badan si buah hati

KategoriParenting
Di lihat323 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Mengajarkan si kecil kebersihan di luar rumah

Mengajarkan pola hidup sehat dan bersih sejak kecil akan membentuk karakter mereka agar terbiasa dengan pola hidup sehat saat mereka dewasa. Selain itu, memastikan kebersihan tubuh dan lingkungan akan meminimalisir serangan penyakit terhadap si kecil. Menjaga kebersihan bukan berarti semua harus serba steril, sampai tahap tertentu kontak dengan lingkungan sekitar diperlukan untuk membangun sistem kekebalan tubuh anak bunda.

Intinya ayah bunda jangan terlalu ketat atau bahkan terlalu longgar soal kebersihan. Memberikan contoh yang baik juga sangat disarankan karena dapat membentuk kebiasaan yang berlaku seumur ketika si kecil beranjak dewasa.

Karena anak-anak cenderung lebih rentan terhadap serangan penyakit seperti diare, influensa, batuk, dan infeksi penyakit kulit, lindungi mereka dengan cara membiasakan dapur yang bersih, meyimpan makanan dengan tertutup rapat, memasak makanan sampai matang, dan pastikan lingkungan bermain si kecil terjaga kebersihanya.

Mengajarkan si kecil kebersihan dirumah

1. Ketika si kecil sudah mulai belajar makan sendiri, biasakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Ajari juga agar tidak memakan buah-buahan atau sayuran yang belum dicuci. Si kecil juga harus dibiasakan mencuci tangan setelah kekamar mandi, bermain di luar, atau bermain dengan hewan peliharaan. Pastikan ayah bunda mengajarkan cara cuci tangan yang benar.

2. Banyak batita yang lengket dengan selimut atau bonekanya. Jika si kecil mempunyai boneka atau selimut kesayangan, jaga agar benda pribadinya bersih dan tidak terpapar kotoran. Ajari untuk tidak menghisap atau mengigit-gigit selimut atau bonekanya. Cuci barang-barang tersebut secara rutin. Jika diperlukan cuci pada saat si kecil sedang tertidur agar dia tidak merasa kehilangan selimutnya.

3. Ajarkan untuk tidak memakan makanan yang sudah jatuh ke lantai, atau sudah dijilat hewan peliharaan. Jika mereka mulai belajar makan sendiri, tempatkan plastik bersih sebagai alas agar makanan yang terjatuh tidak langsung terkena lantai.

Mengajarkan si kecil kebersihan di luar rumah

1. Si kecil yang mulai belajar merangkak cenderung untuk memasukan barang-barang disekitar kedalam mulutnya termasuk tanah, pasir, alas kaki atau apapun yang dia temukan. Kontak secara langsung dengan tanah dapat meningkatkan resiko terkena Toksokariasis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing gelang. Awasi jika dia bermain di halaman, jaga agar ia tidak memasukan barang kotor kedalam mulutnya.

2. Selalu pastikan kuku si kecil di potong dan dibersihkan. Kuku yang panjang dapat menyimpan kotoran termasuk telur cacing dan sumber penyakit lainya. Pada saat mereka memasukan tangan yang kotor kedalam mulutnya, sumber penyakit dapat berpindah dan menyebabkan berbagai penyakit pada si kecil.

3. Setelah si kecil beranjak dewasa dan bermain dihalaman belakang, biasakan untuk mandi atau mencuci tangan, kaki, dan mukanya. Jika si kecil sudah mulai paham, gunakan waktu mandi untuk mengenalkan anggota tubuh dan cara membersihkanya, misalnya cara membersihkan kaki tangan yang kotor. Berikan spons yang lembut atau mainan air agar si kecil mau membersihkan badanya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru