09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Jangan membedong bayi sebelum membaca artikel ini!

KategoriBayi
Di lihat4085 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

manfaat dan resiko bedong pada bayi

Beberapa tahun belakangan ini aktivitas membedong bayi mulai popular dibeberapa negara barat. Di Amerika Serikat, angka statistik menunjukan 90 persen dari orang tua membedong bayinya selama jam tidur setidaknya dienam bulan pertama paska kelahiran. Di Indonesia sendiri membedong atau aktivitas ‘membungkus’ tubuh bayi dengan kain sudah dilakukan sejak puluhan tahun yang lalu.

Ada banyak pertanyaan seputar membedong bayi, apakah membedong tubuh bayi dapat membahayakan mereka? Dibawah adalah uraian seputar manfaat dan efek negatif dari membedong bayi.

Baca juga: 6 Bahaya gula bagi si kecil

Apa itu membedong bayi?

Secara sederhana aktivitas membedong dilakukan dengan cara membungkus badan bayi dengan posisi tangan dan kaki lurus kebawah. Bedong umumnya dilakukan menggunakan kain atau selimut bayi. Pada dasarnya tujuan membedong adalah membuat si mungil merasa nyaman karena gerak anggota badan dibatasi oleh kain seperti saat mereka berada dalam rahim bunda. Membedong juga bertujuan agar si kecil merasa aman serta mencegah kuku tangan mereka menggores wajah saat mereka lelap tidur.

Apakah membedong aman bagi bayi?

Membedong boleh dilakukan dan aman selama ayah bunda melakukanya dengan cara yang benar (lihat caranya dibawah). Bayi yang dibedong cenderung lebih nyeyak saat tidur dan terhindar dari sensasi kaget yang sering terjadi secara refleks terutama dibulan-bulan pertama setelah kelahiran.

Baca juga: 5 Manfaat ajaib biji oat untuk si kecil

Ahli tumbuh kembang bayi juga percaya, membedong dapat meredakan gejala kolik pada bayi. Meski demikian, perlu diwaspadai cara membedong yang salah dapat mengakibatkan munculnya resiko gangguan pertumbuhan pinggul bayi yang dikenal dengan istilah ‘developmental dysplasia’. Kondisi ini terjadi saat sendi tulang pinggul si bayi mengalami salah posisi karena ditekan secara paksa yang salah satunya dapat disebabkan oleh cara membedong yang salah. Kondisi ini dapat mengakibatkan sendi pinggul tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Ahli menyarankan saat bunda membedong si buah hati, pastikan untuk memberikan ruang yang cukup dibagian pinggul si kecil sehingga mereka masih bisa mengangkat dan membengkokan kaki. Posisi membengkokan sendi pinggul kearah depan adalah posisi alami bayi saat mereka berada didalam Rahim bunda.

Membedong dan kenyamanan tidur bayi

Bayi yang sedang terbangun sebaiknya tidak dibedong, para ahli merekomendasikan bedong hanya saat si buah hati tertidur. Ada anggapan bahwa membedong dapat membuat si kecil kepanasan. Ini tergantung dengan kondisi suhu lingkungan serta jenis kain yang digunakan. Pastikan untuk membedong bayi menggunakan bahan kain katun yang mepunyai sirkulasi udara bagus.

Baca juga: Tips agar si kecil nyeyak tidur siang

Menurut sebuah studi posisi bayi yang dibedong dapat membantu si kecil agar tertidur terlentang, dimana posisi ini direkomendasikan para ahli. Sementara itu sebuah penelitian lain di Jerman menunjukan bahwa membedong bayi (secara tepat) dapat membuat si kecil tidur lebih nyeyak dan lebih jarang terbangun.

Tips aman membedong bayi

1. Pastikan bunda tidak membedong si kecil terlalu ketat terutama dibagian dada, kaki dan pinggang. Tanda membedong sudah tepat, si kecil masih bisa membengkokan kakinya sedikit keatas.

2. Khusus dikawasan tropis seperti Indonesia, dimana suhu tidak terlalu dingin, gunakan kain untuk bedong dari bahan 100% katun dan selimut ekstra umumnya tidak diperlukan. Pantau suhu bagian punggung atau dada si kecil menggunakan thermometer atau telapak tangan bunda untuk memastikan mereka tidak kedinginan atau kepanasan.

Gambar cara membedong bayi yang benar

gambar_cara_bedong_bayi_benar

Img source: http://personalizemybabyblanket.com/keeping-your-baby-safe-while-he-sleeps/

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru