09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Jenis makanan beryodium tinggi bagi ibu menyusui

KategoriMenyusui
Di lihat785 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah makanan kaya yodium untuk bunda menyusui

Yodium sanag penting bagi pertumbuhan bayi. Didalam tubuh, unsur ini akan diubah oleh tiroid menjadi hormon yang penting bagi pertumbuhan sistem syaraf dan otak si kecil. Selain itu, telah diketahui secara medis bahwa yodium sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Namun, ternyata asupan yodium juga sangat penting bagi ibu menyusui. Dosis yodium yang dianjurkan bagi ibu menyusui adalah 270 mikrogram per hari. Dosis ini ternyata lebih besar dari jumlah yang dianjurkan bagi ibu hamil, yaitu sebanyak 220 mikrogram per hari.

Baca juga: Fakta sepuar air minum bagi si kecil

Konsumsi yodium dalam dosis yang tepat dianjurkan untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid, kesehatan kuku, kulit, dan rambut.  Kekurangan maupun kelebihan konsumsi yodium bisa mengakibatkan gangguan fungsi tiroid. Bila dibiarkan dala jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan otak dan kretinisme, yang biasanya ditandai dengan menurunnya fungsi kognitif atau kecerdasan. Kelebihan yodium juga bisa menyebabkan hipertensi, sakit kepala, ruam, kelejar ludah membesar, mual, dan muntah.

Sumber yodium terbaik

Kandungan yodium terbaik terdapat dalam makanan-makanan seperti produk susu, seafood, telur, dan sayuran. Namun, jumlah yodium dalam makanan-makanan ini bisa sangat bervariasi, tergantung kapan dan bagaimana produk-produk makanan tersebut dihasilkan. Berikut adalah beberapa sumber yodium terbaik bagi tubuh.

Baca juga: Tips memilih susu untuk anak diatas 1 tahun

1. Sebagian besar ikan, termasuk ikan cod, sarden, salmon, tuna, herring dan ikan bass, serta kerang, udang, cumi-cumi, dan lobster adalah sumber yodium yang bagus. Mengkonsumsi 2 hingga 3 porsi hidangan seafood dalam seminggu cukup untuk memenuhi kebutuhan yodium orang dewasa. Namun, jumlah ini masih belum dapat mencukupi kebutuhan yodium bagi ibu hamil dan menyusui.

2. Tumbuhan laut. Tumbuhan yang tumbuh di dasar laut kaya akan yodium. Tumbuhan laut yang bisa dikonsumsi misalnya kelp, rumput laut, dan nori.

3. Garam beryodium. Garam meja yang ditambah dengan sejumlah yodium telah diciptakan pada awal abad ke-20. Hingga kini, mengkonsumsi garam meja beryodium adalah cara paling mudah untuk memperoleh asupan yodium yang cukup bagi tubuh. Perlu diingat bahwa makanan asin dan makanan ringan bukanlah sumber yodium. Makanan-makanan ini tidak mengandung yodium dan mengandung banyak natrium sehingga bisa mengganggu kesehatan.

Baca juga: Menghindari serangan cacingan pada balita

Meningkatkan konsumsi yodium

Pada umumnya, wanita menyusui tidak mendapat cukup yodium yang dibutuhkan dari makanan yang diasupnya. Karena itu, sebaiknya bunda yang sedang menyusui meminum suplemen yodium. Dosis suplemen yang dianjurkan adalah 150 mikrogram setiap harinya hingga masa menyusui usai. Namun, suplemen yodium tidak dianjurkan bagi wanita hamil. Wanita yang pernah mengalami masalah dengan kelenjar tiroid juga harus lebih berhati-heti dalam mengkonsumsi suplemen yodium. Karenanya, mintalah saran dokter sebelum bunda mengkonsumsi suplemen tersebut.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru