09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Jenis makanan dengan lemak sehat bagi balita bunda

KategoriNutrisi
Di lihat1068 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

alpukat bagus untuk bayi

Tidak semua lemak jahat, lemak sehat justru diperlukan dalam jumlah yang cukup banyak untuk mengoptimalkan fungsi kerja tubuh. Tak terkecuali bagi si kecil, asupan makanan yang mengandung lemak sehat sangat direkomendasikan oleh para ahli. Lemak diperlukan si kecil yang memang sedang dalam tahap pertumbuhancuntuk perkembangan otak, pembuatan hormon-hormon pertumbuhan, termasuk untuk menyerap dan mendistribusikan vitamin A, D, E, dan K.

Berdasarkan struktur kimianya, lemak sehat digolongkan kedalam dua tipe utama yaitu ‘monounsaturated’ dan ‘polyunsaturated’. Omega-3 dan Omega-6 adalah dua contoh tipe ‘polyunsaturated’. Selain untuk perkembangan, Omega-3 dipercaya dapat meredakan peradangan, sehingga makanan yang banyak mengandung Omega-3 termasuk suplemennya direkomendasikan bagi orang yang mengalami peradangan.

4 Jenis makanan berlemak sehat untuk si kecil

1. Ikan salmon dikenal mengandung banyak Omega-3, selain itu tuna, dan udang adalah dua alternative sumber lemak sehat yang sangat dianjurkan bagi balita bunda. Untuk pertama kali berikan sedikit porsi makanan tersebut kepada si kecil untuk membiasakan dan untuk memastikan bahwa si kecil tidak allergi makanan tersebut.

2. Telur khususnya kuning telur adalah makanan lain yang culup tinggi dengan kandungan lemak sehat. Di dalam satu butir telur, rata-rata mengandung 5 gram lemak dan 4.5 gram diantaranya adalah lemak sehat. Selain itu telur juga kaya dengan vitamin B yang membantu menoptimalkan kinerja system otak, syaraf, dan jantung.

3. Kacang-kacangan terutama almond, walnut, dan kacang pistachio. Kacang-kacang tersebut tidak hanya kaya akan kandungan Omega-3 tapi juga kaya akan vitamin E. Hasil sebuah penelitian mengungkapkan manfaat lain dari mengkonsumsi kacang-kacangan tersebut, termasuk diantaranya adalah menurunkan resiko penyakit diabetes tipe-2.

4. Alpukat. Iya buah alpukat ternyata banyak mengandung lemak sehat. Kandungan lemak pada alpukat didominasi oleh tipe monounsaturated. Sebuah alpukat berukuran sedang mengandung setidaknya 30 gram lemak. Tambahkan alpukat ini kedalam menu makan balita anda baik sebagai jus atau dimakan langsung.

Apakah bayi perlu makanan yang mengandung lemak sehat?

Bayi dibawah 6 bulan yang menerima asupan ASI ekslusif akan mendapatkan Omega-3 dari air susu ibu jadi belum perlu mendapatkan asupan nutrisi dari luar. Diatas usia 6 bulan, bayi dapat dikenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI. Pada tahap ini para ahli perkembangan anak merekomendasikan bunda untuk memberikan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang termasuk diantaranya adalah lemak sehat.

Pemberian makanan pendamping ASI sebaiknya dilakukan secara pertahap. Untuk menambah asupan lemak sehat, bunda dapat memberikan pure alpukat disamping makanan semi padat lainya. Untuk usia anak diatas satu tahun, bunda dapat memberikan makanan yang lebih variatif lagi termasuk ikan, sayur, kacang-kacangan, dan telur.

Ada baiknya jika bunda berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai makanan apa saja yang harus diberikaan sesuai dengan usia si kecil, berapa banyak proporsinya dan apa saja yang harus dihindari untuk mencegak ketidak seimbangan asupan nutrisi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru