09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Jenis makanan yang harus dihindari si kecil

KategoriParenting
Di lihat1118 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

makanan bahaya untuk bayi

Usia balita adalah fase dimana sikecil sedang megalami pertumbuhan yang pesat, sehingga asupan nutrisi yang cukup dan berimbang menjadi sangat penting untuk diberikan. Diusia ini bunda harus memperhatikan betul jenis dan jumlah makanan bergizi yang diberikan pada sikecil. Konsep 4 Sehat 5 Sempurna adalah acuan yang bagus dalam pemenuhan kebutuhan gizi sikecil.

Selain komposisi dan keseimbangan nutrisi, dalam proses pemberian makanan pada sikecil, bunda juga harus memperhatikan faktor resiko yang berpotensi membahayakan sikecil termasukd iantaranya adalah resiko alergi dan sensitive terhadap bahan makanan tertentu. Disamping itu, penyajian makanan yang tidak tepat juga dapat menimbulkan resiko kecelakaan. Berikut dibawah adalah beberapa tips yang perlu Bunda ketahui untuk menghindari resiko terjadinya kecelakaan dalam aktivitas makan sikecil.

Makanan yang harus dihindari khusus balita 12-24 bulan

Susu rendah lemak. Diantara Bunda mungkin ada yang memberikan susu tambahan berlabel rendah lemak pada sikecil dengan usia 12 sampai 24 bulan dengan maksud membatasi jumlah asupan lemaknya. Perlu bunda ketahui bahwa kebanyakan balita berusia 1-2 tahun sebenarnya sangat memerlukan lemak termasuk semua kalori yang terkandung dalam susu untuk pertumbuhan, jadi tidak masalah Bunda memberikan susu full cream kepada mereka. Susu rendah lemak mulai boleh diberikan pada sikecil ketika usianya diatas 2 tahun.

Makanan dengan resiko tersedak. Termasuk diantaranya adalah makanan dengan potongan besar seperti wortel, kentang, atau anggur, melon, dan buah lainya yang disajikan sebagai potongan. Atau makanan potongan kecil tapi cukup keras seperti permen, pop corn, kacang-kacangan dapat menimbulkan resiko tersedak. Selalu damping sikecil jika dia makan dengan tangan sendiri.

Makanan yang bersifat lengket seperti jelly, permen jelly, atau permen karet termasuk beberapa makanan tradisional berbahan dasar tepung ketan juga dapat menimbulkan resiko tersangkut di tenggorokan sikecil dan menyebabkan tersedak. Hati-hati juga jika Bunda memberikan selai kacang, upayakan tidak memberi dalam jumlah besar. Selai kacang yang kental tapat menyebabkan sikecil tersedak jika dikonsumsi Dallam bentuk gumpalan besar.

Makanan yang harus dihindari khusus balita 24-36 bulan

Pada usia ini sikecil sudah bisa mengatur ritme kunyahan, resiko tersedak masih ada terutama jika sikecil makan sambil berjalan, nonton televise, atau beraktifitas lainya sambil makan. Upayakan sikecil duduk diam pada saat dia makan, dan selalu awasi jika dia makan dengan tangan sendiri.

Waspada dengan alergi makanan

Sebelumnya dokter tidak merekomendasikan sikecil untuk mendapat jenis makanan yang sering menimbulkan reaksi alergi kecuali sikecil telah berusia diatas 1 tahun. Alasannya untuk menghindari sikecil terkena allergi, tapi para ilmuan sekarang menemukan bahwa tidak ada kaitanya antara pemberian makanan tertentu dengan resiko alergi.

Yang harus dilakukan Bunda adalah selalu mengamati setiap kali memberikan jenis makanan baru pada sikecil. Jika nampak tanda-tanda reaksi allergi seperti bercak merah pada seluruh tubuh, terjadi pembengkakan disekitar mulut dan muka, segera hubungi dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan secara medis.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru