09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Di usia inilah anak bayi mulai bisa berjalan

KategoriBayi
Di lihat18623 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

di usia berapa bayi mulai bisa berjalan

Mendekati usia 1 tahun saat bayi sudah lancar merangkak, ayah dan bunda dapat mengajarkan mereka untuk berdiri dan berjalan perlahan sambil berpegangan pada sesuatu. Umumnya diusia ini hingga usia 15 atau 16 bulan bayi akan berlajar berjalan dan hanya beberapa bulan setelahnya kaki si kecil akan cukup kuat untuk belajarĀ  berlari.

Baca juga: Tips agar si kecil terhindar dari cacingan

Yang perlu ayah bunda ketahui, tidak semua bayi mengikuti acuan waktu ini, dan para ahli mengkategorikan masih dalam kondisi normal. Beberapa bayi baru mulai belajar berjalan setelah usianya 1 tahun 6 bulan. Kemampuan si kecil untuk berjalan tidak hanya didukung oleh sekuatan otot kaki mereka saja, namun terkadang si kecil perlu dimotivasi terutama oleh ayah bunda agar berani dan mau terus belajar berjalan.

Tahapan belajar berjalan si kecil

Sebagaimana disampaikan sebelumnya bahwa kecepatan seorang anak untuk bisa berjalan bisa berbeda antara satu dengan yang lainnya, bahkan meski dalam 1 keluarga. Masing-masing bayi memiliki kecepatan perkembangannya sendiri. Meski demikian, ada tahap-tahap kemampuan si buah hati sebelum bisa berjalan yang ayah bunda dapat pantau, yaitu:

1. Berdiri. Diusia 9 bulan hingga 12 bulan bayi umumnya akan mulai meraih benda-benda untuk membantunya bangkit ke posisi berdiri. Meja, kaki kursi, bahkan kaki ayah dan bunda akan menjadi alat yang bisa membantunya untuk belajar berdiri. Pada awalnya bayi mungkin akan sedikit kesulitan menahan berat badannya dengan kedua kakinya yang masih lemah dan ia mungkin akan jatuh berkali-kali. Namun, seiring berjalannya waktu, ia akan cukup kuat untuk berdiri tegak.

Baca juga: Tips menumbuhkan semangat anak untuk membaca

2. Merayap. Ketika si kecil berhasil berdiri dengan bantuan benda-benda di sekitarnya, ia akan berusaha meraih benda-benda lain didekatnya untuk membantunya bergeser dari satu tempat ke tempat lain. Namun, ia belum bisa berpindah dalam jarak yang terlalu jauh. Jadi, ia mungkin akan belajar merayap di sepanjang sofa, atau merayap dari meja ke kursi dan kemudian ke pangkuan ayah dan bunda, dengan menggunakan benda-benda di sekitarnya untuk berpegangan.

3. Langkah pertama. Ketika si kecil sudah lancar berpindah-pindah dengan berpegangan pada benda-benda disekitarnya, ia akan memulai belajar melakukan langkah pertamanya tanpa membutuhkan pegangan. Ia mungkin akan jatuh berkali-kali pada awalnya, namun lama kelamaan ia akan lancar melakukannya. Para ahli merekomendasikan bila si kecil membutuhkan bantuan, tunggu hingga ia berdiri dengan nyaman, kemudian ambil jarak 1 meter atau 2 meter darinya dengan tangan terangkat siap menangkapnya. Mereka akan berusaha berjalan untuk mencapai tangan ayah bunda.

4. Berjalan dan berlari. Kemampuan berjalan si kecil akan semakin baik seiring berjalannya waktu. Mungkin sedikit canggung dan kaku pada awalnya, namun ia akan semakin pandai. Mendekati usia 20 bulan, si kecil akan semakin mantap berjalan dan mungkin mulai berlari.

Baca juga: Manfaat madu yang mungkin bunda belum tau

Kapan orang tua perlu khawatir

Sebagian bayi mulai belajar berjalan pada usia mendekati 1 tahun, namun sebagian ayah bunda harus menunggu hingga si kecil berusia 18 bulan sampai si buah hati bisa berjalan. Jangan terlalu khawatir bila perkembangan si kecil sepertinya lebih lambat daripada anak-anak lain. Bila si kecil tidak mulai belajar berdiri mendekati ulang tahunnya yang ke-1 atau tidak mulai belajar berjalan pada usia 15 hingga 16 bulan, ayah bunda dapat menemui dokter anak untuk memperoleh penanganan yang sesuai.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru