09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Kapan bayi harus diberi susu formula?

KategoriParenting
Di lihat1485 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

kenapa bayi harus diberi susu formula?

ASI ekslusif selama 6 bulan sangat direkomendasikan oleh para dokter anak untuk diberikan pada si kecil yang baru lahir. Sejatinya didalam ASI terkandung semua kebaikan yang dibutuhkan oleh si bayi untuk bertumbuh secara optimal. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, ASI juga mensuplai system kekebalan tubuh yang akan pemproteksi si kecil dari serangan sumber penyakit dari luar. Asi juga memenuhi kebutuhan zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral, jadi hanya dengan mendapatkan ASI ekslusif dan tanpa asupan tambahan, si kecil akan tumbuh secara optimal.

Tapi pada kasus khusus, ada kalanya dokter anak merekomendasikan Bunda untuk memberikan asupan tambahan berupa susu formula pada si kecil yang baru lahir. Hal ini biasanya berkaitan dengan kondisi khusus si kecil atau keterbatasan bunda secara medis untuk memberikan ASI . Kondisi apa saja yang biasanya membuat si kecil harus menerima asupan tambahan susu formula? Berikut diantaranya:

1. Kondisi fisik dan kesehatan bayi yang membuat bayi harus mendapatkan asupan nutrisi lebih banyak dari kondisi normal, misalnya bayi dengan berat badan dibawah 1,5 kilogram, bayi yang lahir prematur (kurang dari 8 bulan usia kehamilan), serta bayi yang terlahir dengan kondisi kesehatan yang buruk.

2. Kondisi bunda yang tidak memungkinkan untuk memberikan ASI secara maksimal, termasuk ASI yang tidak keluar, atau kondisi ibu yang dalam penanganan operasi pada bagian payudara sehingga menyusui menjadi tidak memungkinkan, termasuk kondisi ibu yang mengalami sakit karena infeksi akut.

Yang harus diperhatikan sebelum memberikan susu tambahan

Untuk kondisi khusus yang mengharuskan si bayi mendapatkan asupan tambahan dari susu formula, dokter biasanya langsung meresepkan jenis susu formula berdasarkan kandungan dan nutrisi yang dibutuhkan bayi bunda. Jika dokter tidak secara langsung merekomendasikan, ada baiknya bunda bertanya mengenai susu rekomendasi dokter.

Bagi bunda yang memberikan susu formula karena ASI yang tidak lancar, jangan hentikan pemberian ASI. Pemberian ASI biasanya akan merangsang produksi ASI itu sendiri. Tingkatkan frekuensi pemberian ASI disela-sela pemberian susu formula dan hentikan pemberian susu formula jika kondisi ASI bunda sudah kembali normal.

Jika bunda terpisah dengan sikecil karena salah satu harus mendapatkan tindakan medis, ASI juga masih dapat diberikan. Bunda bisa mengumpulkan ASI kedalam botol menggunakkan bantuan alat pompa ASI, kemudian ASI bisa diberikan langsung atau disimpat terlebih dahulu di freezer.

ASI tetap yang terbaik

Jika bunda dengan segala keterbatasanya masih bisa memberikan ASI, upayakan untuk memberikan nya kepada sikecil. Para ahli tumbuh kembang anak sepakat bahwa memberikan ASI bukan hanya masalah memberikan asupan nutrisi. Menyusui adalah salah satu upaya untuk membentuk ikatan emosional antara  bunda dan bayi bunda. Aktivitas kerja yang memisahkan bunda dengan si kecil tidak seharusnya menjadi penghambat bagi bunda untuk memberikan ASI ekslusif minimal selama 6 bulan pertama pasca kelahiran.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru