09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Kenali 4 jenis warna air seni si buah hati beserta penyebabnya

KategoriKesehatan
Di lihat3526 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Yang perlu diperhatikan saat air seni si kecil berwarna tak biasa

Pada keadaan normal air seni si buah hati akan memiliki rentang warna dari kuning pucat atau hampir jernih hingga berwarna kuning terang itu menandakan bahwa mereka cukup asupan cairan dan organ tubuh mereka terutama yang berkaitan dengan pengolahan cairan tubuh bekerja secara optimal. Namun apabila warna air seni mereka nampak lebih pekat atau bahwan memiliki warna yang tidak semestinya seperti pink, merah, atau berwarna gelap, ayah bunda harus waspada.

Baca juga: Tips merawat rambut sehat balita

Air seni adalah produk limbah tubuh yang tidak beracun, air seni yang normal mengandung 95 persen air, 2,5 persen urea, and 2,5 persen zat sisa penguraian enzim, hormon, beserta garam dan mineral. Warna urin yang tidak biasa dapat menjadi tanda adanya gangguan fungsi organ tubuh tapi dapat pula disebabkan oleh konsumsi jenis makanan atau obat-obatan tertentu yang mengandung zat pewarna. Berikut adalah beberapa hal yang dapat merubah warna air seni si buah hati:

1. Kuning tua. Jika pipis si kecil berwarna kuning tua itu menandakan mereka tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup atau terlalu banyak berkeringat. Menurut babycenter.com, anak usia 1-3 tahun rata-rata memerlukan 1,3 liter asupan cairan setiap harinya yang dapat diperoleh dari susu, air minum, jus, sup, dan cairan lainya yang biasa mereka konsumsi.

Baca juga: Tips praktis memilih pakaian untuk si kecil

2. Coklat  gelap. Menurut dr. Patria Vittarina, SpA, seorang ahli dari divisi perinatology rumah sakit Islam Muhammadiiyah Taman Puring Jakarta, sebagaimana dilansir okezone.com, pipis warna coklat atau kuning kecoklatan dapat terjadi saat mengkonsumsi jenis obat tertentu atau karena adanya gangguan fungsi hati.

3. Oranye. Masih menurut dr. Patria Vittarina, warna pipis yang berwarna oranye dapat disebabkan oleh konsumsi beberapa jenis obat. Nuansa warna oranye pada pipis si kecil dapat pula dipicu oleh konsumsi jus wortel.

4. Pink atau merah. Jika pipis si kecil berwarna pink atau merah dapat terjadi karena si kecil mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung zat pewarna merah. Beberapa makanan seperti bit, buah naga merah, dan blackberry dapat menyebabkan warna urin pink atau merah. Ciri warna urin merah karena makanan hanya terjadi maksimal 2 kali dalam sehari kemudian warna urin kembali normal. Jika warna urin tidak berubah dalam waktu yang cukup lama apalagi disertai dengan gejala lain seperti nyeri saat pipis, boleh jadi itu menandakan adanya masalah pada organ ginjal atau kandung kemih, segera temui dokter anak.

Baca juga: Tips menangani balita yang susah mandi

Yang perlu diperhatikan saat pipis si kecil berwarna tak biasa

Saat ayah bunda mendapati pipis si buah hati berwarna tak seperti biasanya, lalukan pengamatan pada beberapa hal diantaranya: Apa sajakah yang dimakan atau diminum si kecil akhir-akhir ini, apakah si kecil mengalami kesulitan atau sakit saat akan buang air kecil, serta sudah berapa lama kelainan warna usin si kecil terjadi. Jika dirasa ada hal yang tidak normal, jangan sungkan untuk menghubungi dokter anak guna mendapatkan diagnosa lebih lanjut.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru