09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Kenali 5 jenis kelainan khusus non-penyakit pada anak berikut ini

KategoriKesehatan
Di lihat848 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Kenali lima kenainan khusus non penyakit pada anak berikut ini

Kelainan khusus bukanlah penyakit yang disebabkan oleh sumber penyakit dari luar. Kelainan adalah kodisi yang muncul akibat ketidaksempurnaan atau ketidak normalan bagian-bagian tubuh si kecil seperti pada kromosom, darah,  otot, otak, jantung, dan organ lainya. Berikut adalah beberapa kelainan khusus yang dapat terjadi pada si kecil.

1. Sindrom Down

Para ahli menemukan bahwa kelainan jenis ini disebabkan oleh kondisi khusus pada kromosom. Mereka yang mengidap kondisi sindrom down biasanya memiliki jumlah kromosom ekstra pada pasangan ke-21. Kromosom adalah tempat dimana informasi genetik yang dikenal dengan istilah gen berada. Manusia normal memiliki jumlah kromosom total sebanyak 46 buah atau 23 pasang, mereka yang mengalami sindrom down memiliki 47 atau kelebihan 1 kromosom.

Kelebihan jumlah kromosom ini berpengaruh pada terganggunya perkembangan dan pertumbuhan si anak. Biasanya mereka yang memiliki kemainan ini akan mengalami masalah seperti kesulitan belajar belajar serta memiliki ciri fisik yang khas seperti, mata mongoloid dan telinga yang lebih kecil.

2. Thalassemia

Kelainan jenis ini berpengaruh terhadap kondisi sel darah merah dan disebabkan oleh kelainan genetik yang diturunkan. Jadi orang tua yang mempunyai gen thalassemia berpeluang besar untuk ‘mewariskan’ gen tersebut pada keturunanya.

Mereka yang mempunyai kelainan ini memiliki sel darah merah yang mudah rusak dan umurnya lebih pendek. Secara lebih spesifik, kondisi ini disebabkan oleh adanya gangguan pada susunan DNA atau biasa dikenal dengan istilah mutasi pada gen yang bertanggung jawab dalam pembuatan hemoglobin dalam darah. Menurut situs Wikipedia, ada tiga jenis thalassemia yang sudah diketahui yaitu jenis alpha, beta, dan gamma thalassemia.

3. Autisme

Menurut para ahli tumbuh kembang anak, kelainan autisme ini sudah biasa dikenali saat si kecil berusia 1-3 tahun. Kelainan ini merupakan jenis gangguan perkembangan yang kompleks. Mereka yang mengidap kondisi ini seringkali mengalami hambatan dalam berinteraksi secara sosial, prilaku, dan komunikasi baik secara verbal dan non verbal.

Dengan pendekatan dan terapi yang tepat seorang anak autis dapat menjalankan fungsi-fungsi individual seperti membaur di masyarakat, berkomunikasi, melakukan aktifitas harian, bahkan mereka dapat meraih prestasi dalam bidang-bidang tertentu seperti seni, sains, dan olahraga melebihi anak-anak normal

4. Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan adalah kelainan yang terjadi saat si kecil masih dalam kandungan. Kondisi ini terjadi karena adanya ketidak-normalan pada organ jantung. Kelainan bawaan pada jantung ini di kategorikan menjadi beberapa jenis, tergantung pada kelainan struktur, dan tingkat ketidak normalan jantung si kecil.

Secara garis besar, kondisi ini dikelompokan kedalam dua jenis kelompok utama yaitu sianotik, yang ditandai degan munculnya kebiruan pada bibir dan ujung kuku, serta asianotik dimana kondisi kelainan jantung yang tidak disertai dengan tanda kebiruan tersebut.

5. Epilepsi

Epilepsi terjadi karena adanya ganguan pada fungsi otak akibat terlepasnya muatan listrik yang berlebihan dan terjadi secara mendadak. Mereka yang mengidap kondisi ini dapat mengalami kejang-kejang dan tidak sadar secara berulang.

Menurut para ahli, ada beberapa kondisi yang dapat memicu terjadinya epilepsi termasuk diantaranya adalah trauma pada kepala karena benturan keras, infeksi atau tumor pada otak, komplikasi pada saat atau pasca kelahihan.

Dengan treatmen medis dan perawatan yang tepat, sebagian besar kasus epilepsi dapat disembuhkan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru