09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Kenali 7 potensi bahaya di rumah bagi anak balita berikut ini

KategoriParenting
Di lihat337 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Jenis potensi bahaya bagi si buah hati di rumah

Rumah adalah tempat berlidung sehingga harus menjadi tempat yang aman bagi penghuninya termasuk si kecil yang sedang dalam masa terpumbuhan. Namun ayah bunda harus waspada, seaman apapun rumah kita, akan selalu ada potensi bahaya terutama bagi si buah hati yang serba ingin tahu tapi belum memiliki kemampuan dalam mengkalkulasi resiko atau potensi bahaya.

Kebanyakan resiko kecelakaan di rumah dapat dihilangkan jika ayah bunda lebih waspada. Kenali potensi-potensi bahaya di seluruh wilayah ruangan seperti dapur, kamar mandi, gudang,halaman belakang dan bagian rumah lainya. Berikut dibawah adalah tujuh potensi bahaya bagi si kecil di rumah beserta cara penanggulangan dan pencegahanya.

Jenis potensi bahaya bagi si buah hati di rumah

1. Luka bakar dan melepuh. Air panas dalam termos atau dispenser dapat menimbulkan luka melepuh jika terkena kulit si kecil yang lebih tipis dari orang dewasa. Hindari menyimpan termos atau dispenser berpemanas listrik di tempat yang dapat dijangkau si kecil. Hati-hati pula dengan barang yang menghasilkan panas ketika digunakan seperti setrika, kompor, dan korek api. Guna mendeteksi keberadaan api di bagian rumah, pasang alarm detektor kebakaran jika memungkinkan.

2. Tersedak, tercekik, dan mati lemas. Hindari menyimpan benda-benda kecil seperti batre berbentuk kancing, kancing baju, dan uang logam yang dapat menimbulkan resiko tersedak. Bahaya tersedak dan tercekik dapat pula berasal dari makanan yang berukuran besar dan keras. Jangan berikan permen pada anak berusia dibawah dua tahun. Awasi dan berikan mainan yang sesuai dengan usianya.

3. Tenggelam. Jika rumah ayah bunda memilik kolam renang, pastikan akses ke kolam renang tidak bisa dilalui si kecil tanpa pengawasan. Resiko tenggelam tidak hanya pada kolam renang saja tapi bath tub, ember berisi air, bak penampungan termasuk drum besar untuk air dapat menjadi sumber bahaya tenggelam bagi si kecil. Pastikan akses ke tempat-tempat tersebut tertutup. Sebagai tindakan pencegahan, ayah bunda dapat mengajarkan si kecil berenang.

4. Teriris atau tergores. Ada banyak potensi bahaya di dalam rumah yang dapat menyebabkan si kecil mengalami luka iris atau gores, segala perkakas yang mempunyai bagian tajam dapat menjadi penyebabnya. Termasuk diantaranya adalah perkakas dapur, dan perkakas pertukangan. Ujung teralis jendela atau pagar, pecahan kaca, dan kawat juga sama bahayanya. Pastikan rumah aman dari resiko-resiko tersebut.

5. Tersengat listrik. Hati-hati dengan instalasi listrik dirumah. Pastikan semuanya terpasang sempurna dan semua komponen pelindung berjalan sempurna. Jika bagian dari stop kontak listrik sudah mulai rusak, segera ganti, usahakan memilih stop kontak dan terminal listrik berpelindung yang sudah banyak dipasaran. Pastikan pula posisi terminal dan stop kontak listrik jauh dari jangkauan si kecil. Sebaiknya ayah bunda jangan membeli alat elektronik bekas karena beresiko dan tidak ada jaminan keamananya.

6. Keracunan. Pastikan bahan-bahan yang dapat menyebabkan keracunan seperti obat-obaan, bahan pembersih lantai, detergen, obat nyamuk, pengharum ruangan, produk kosmetik, termasuk tanaman beracun jauh dari jangkauan si kecil. Simpan semua bahan berbahaya tersebut dalam lemari khusus yang terkunci dan pastikan kuncinya tidak bisa diakses si kecil.

7. Terpeleset dan jatuh. Terpeleset atau jatuh dapat terjadi dimana saja di semua bagian rumah. Pastikan ayah bunda selalu menjaga lantai tetap kering, jika cairan tumpah ke lantai segera bersihkan. Pasang pelapis lantai dari karet terutama di daerah kamar mandi untuk menghindari terpeleset. Lantai keramik di kamar mandi dapat menjadi sangat licin apalagi jika terkena sabun atau sampoo.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru