09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Kenapa si kecil umumnya tak suka sayuran?

KategoriNutrisi
Di lihat755 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips agar balita mau makan sayuran

Jadi si kecil tak suka sayuran, Bunda? Jangan khawatir Bunda tak sendiri kok ada banyak anak balita yang umumna menolak jenis makanan berbahan dasar sayuran. Dibandingkan dengan jenis makanan lainya seperti buah-buahan atau daging, sayuran biasanya menjadi pilihan terakhir, kalau tidak ditolak, si buah hati. Tentu hal ini menajdi sedikit dilema mengingat sayur adalah jenis makanan yang kaya akan berbagai jenis vitamin, mineral, dan serat yang diperlukan si kecil untuk pertumbuhan.

Baca juga: Pentingnya sarapan pagi bagi si kecil

Para ahli menuduh kandungan zat alkaloid dalam beragam sayuran yang menimbulkan sensasi pahit dilidah. Secara alamiah lidah si kecil cenderung menyukai yang manis, karena rasa manis memiliki asosiasi dengan gula yang memang diperlukan tubuh si kecil sebagai sumber tenaga. Sedangkan rasa pahit umumnya memiliki asosiasi dengan racun, sehingga lidah si kecil bereaksi dengan sedikit rasa pahit dari sayuran dengan menolaknya.

Mengenalkan sayuran sedini mungkin

Si kecil perlu diajari sedini mungkin untuk mengenal rasa sedikit pahit dan asam yang berasal dari ragam sayuran seperti brokoli, bayam, tomat, dan kembang kol. Dalam kelompok makanan tersebut rasa pahit dan asam yang ditimbulkan memiliki nilai manfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh karenanya, mengenalkan beragam makanan termasuk sayuran sedini mungkin menjadi sangat penting agar lidah mereka terbiasa dengan beragam cira rasa makanan.

Baca juga: Cara alami redakan pilek si buah hati

Membiasakan mereka makan sayuran sejak dini jauh lebih mudah dibanding saar mereka menyinjak usia balita. Para ahli berpendapat, si kecil menginjak usia 4 tahun-an mereka berada pada konsisi serba takut dan khawatir dengan hal-hal yang baru dan asing termasuk dalam hal menerima jenis makanan baru. Saat mereka mulai menerima makanan pendamping ASI, tambahkan beragam sayuran kedalam makanannya agar lidah mereka terbiasa dengan citarasanya.

Tips dari ahli agar si kecil suka sayuran

Para peneliti dari negara Inggris dan Australia, melakukan serangkaian penelitian seputar cara efektif agar si kecil mau makan sayuran. Dalam studinya mereka melibatkan sekelompok anak dengan rentang usia 4-6 tahun yang menolak sayuran. Mereka menemukan bahwa memberikan beragam jenis makanan yang mengandung sayuran sebanyak 8-9 kali perpekan selama dua pekan berperan secara signifikan membuat mereka menyukai sayuran.

Baca juga: 8 Langkah mengatasi si kecil yang susah makan

Para peneliti juga menilai pemberian rewards non makanan cukup efeksif mendorong si kecil untuk terbiasa dengan sayuran. Misalnya saat mereka menuntaskan tantangan makan dengan sayur, mereka diberikan stiker prestasi yang mereka pasang di dinding. Metode pemberian rewards tersebut terbukti dapat mendorong si buah hati agar mau makan sayuran.

Penelitian tersebut juga mengungkap bahwa peran orang tua sebagai panutan si kecil juga berdampak besar, selain faktor kesabaran dalam menghadapi penolakan si buah hati. Para orang tua harus memiliki rasa percaya diri bahwa mereka mampu merubah si kecil agar menyukai sayuran.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru