09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Khasiat hebat buah jeruk bagi bayi ayah bunda

KategoriNutrisi
Di lihat19203 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah dampak positif konsumsi jeruk pada bayi ayah bunda

Jeruk manis adalah salah satu jenis buah yang bagus diberikan pada si kecil. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, jenis buah ini juga kaya akan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Pun bagi si kecil, salah satu buah denagn kalori terndah ini mampu menyediakan berbagai zat gizi termasuk vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan. Jeruk dapat diberikan baik dalam bentuk jus atau langsung dikonsumsi. Sebagai bahan makanan buah yang masuk kedalam kelompok sitrus ini dapat juga dikombinasikan dengan bahan lain sebelum dikonsumsi.

Baca juga: Tips mengatasi biduran pada anak balita

Manfaat jeruk bagi si buah hati

1. Sumber alami vitamin C. Buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C. Jenis vitamin ini dikenal sebagai anti oksidan yang baik, dan membantu meningkatkan penyerapan zat besi yang berasal dari makanan lain. Selain manfaat yang tadi disebutkan, vitamin C juga berperan dalam merangsang pembentukan sel darah putih, sehingga sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh si buah hati.

2. Mencegah kanker. Buah jeruk mengandung D-limonene yang dipercaya menurunkan resiko serangan berbagai jenis kanker, termasuk kanker kulit, payudara, paru-paru, mulut , dan usus besar.

3. Sumber kalium. Unsur kalium (potasium) diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, dan berperan untuk menghindari osteoporosis.

4. Mencegah diabetes. Fruktosa yang terkandung dalam serat jeruk bermanfaat untuk membantu kadar gula dalam darah agar tetap stabil.

5. Membantu perkembangan otak. Asam folat yang terkandung dalam buah jeruk dipercaya berperan cukup penting dalam perkembangan otak.

Tips konsumsi jeruk untuk si kecil

Baca juga: 3 Manfaat hebat jagung manis bagi si kecil

Sejak umur 6 bulan si kecil boleh mulai diperkenalkan pada makanan semi padat. Jeruk, mungin bisa menjadi salah satu pilihan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui ayah dan bunda tentang mengenalkan buah jeruk kepada si kecil.

1. Umumnya bayi tidak akan mengalami reaksi alergi terhadap buah jeruk. Si kecil lebih sering memiliki alergi terhadap jenis makanan hewani seperti susu sapi, telur, atau kacang dibanding buah-buahan. Meski sangat jarang, mungkin saja si kecil memiliki alergi terhadap buah jeruk, dan saat mereka alergi terhadap buah jeruk, gejala yang sering timbul dapat berupa warna kemerahan di daerah dada atau munculnya eksim, kemerahan di sekitar mulut, sakit perut, dan muntah-muntah. Jika si kecil alergi jeruk, gejala alergi umumnya muncul beberapa menit setelah mereka mengkonsumsi jeruk, namun bisa juga membutuhkan waktu hingga 2 jam sampai gejalanya mulai terlihat. Bila tanda-tanda alergi tersebut muncul, segera hubungi dokter.

2. Untuk mengantisipasi resiko alergi, berikan sedikit jeruk untuk dikonsumsi pertamakali, kemudian lihat apakah ada reaksi alergi yang terjadi. Bila tidak, maka ayah bunda dapat memasukan jeruk ke dalam menu harian si kecil.

3. Selalu hilangkan kulit, biji, dan membran dalam buah sebelum diberikan pada si kecil. Pada awalnya mungkin kita perlu menghaluskan buah denagn blender. Setelah bayi lebih besar, ayah bunda dapat memotong-motong buah dalam ukuran satu suapan. Namun, tetap hilangkan kulit, biji, dan membrannya.

Baca juga: Info penting seputar eksim pada anak-anak

4. Sebaiknya jangan mengganti buah jeruk dengan jus jeruk dalam kemasan. Jus jeruk dalam kemasan umumnya tidak mengandung serat yang cukup bagi si kecil dan terkadang mengandung bahan pengawet serta kadar gula yang cukup tinggi. Jika bunda akan memberikan si kecil jus buah dalam kemasan, pilih jenis yang tanpa pengawet. Untuk menurunkan kadar gula, ayah bunda dapat melarutkan jus dalam sedikit air pulih.

5. Bila bayi anda sensitif terhadap asam pada buah jeruk, bukan berarti ia tidak akan pernah bisa mengkonsumsinya. Tunggu hingga sistem pencernaannya lebih siap sebelum mencoba meberkanya lagi pada si kecil.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru