09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Kiat menghadapi kecemasan dan stres selama hamil

KategoriKehamilan
Di lihat511 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

waspadai kecemasan berlebih dan stress pada ibu hamil karena dapat mempengaruhi perkembangan janin

Ternyata, kesehatan fisik bukanlah satu-satunya yang mempengaruhi kondisi kehamilan. Kesehatan emosional memainkan peran yang sama pentingnya bagi kesehatan bunda dan janin selama kehamilan. Adalah normal bila wanita yang sedang hamil mengalami kecemasan dan stres selama kehamilan. Akan tetapi 15% dari wanita hamil mengalami stres dan kecemasan yang luar biasa selama kehamilan, bahkan hingga mengalami depresi. Hal ini perlu ditangani dengan tepat karena bisa menimbulkan dampak negatif  bagi kehamilan.

Baca juga: 6 Kendala menyusui dan cara mengatasinya

Tanda kondisi stress pada wanita hamil

Stres selama kehamilan memang sering terjadi. Akan tetapi, pada sebagian kecil kasus stres selama kehamilan ternyata bisa berdampak negatif bagi perkembangan janin. Karena itu, sebaiknya kita berusaha mengatasi stres dan kecemasan tersebut atau meminta bantuan dari orang lain demi kesehatan janin yang sedang kita tunggu kelahirannya. Stres pada wanita hamil biasanya ditandai kurangnya nafsu makan, sulit tidur, ganguan percernaan, sakit kepala, suasana hati yang buruk, dan sulit berkonsentrasi.

Tips mengatasi kecemasan selama kehamilan

1. Jangan memendam perasaan kita sendirian. Ceritakanlah perasaan dan permasalahan yang bunda hadapi kepada pasangan, keluarga, teman, atau mungkin dokter yang merawat kesehatan bunda. Memiliki orang lain yang mau mendengarkan keluh kesah kita atau bahkan membantu menyelesaikan sebagian permasalahan yang kita hadapi akan sangat melegakan. Hal ini dapat membantu kita menghadapi stres dan kecemasan.

Baca juga: Tips mengatasi sakit puting saat menyusui

2. Merawat diri merupakan salah satu cara membangkitkan mood dan mengatasi stres. Galilah informasi dari buku, website, dan sumber-sumber lain mengenai cara menjaga kesehatan ibu hamil. Jaga kesehatan tubuh bunda baik-baik dengan cara mengkonsumsi diet kaya nutrisi, minum cukup, dan berolahraga ringan secara teratur. Olahraga ringan dapat merangsang otak untuk melepaskan hormon oksitosin yang dapat mengurangi stres dan kecemasan.

3. Proses kehamilan memang melelahkan. Karena itu, sediakan waktu yang cukup bagi bunda untuk beristirahat. Tidur sejenak, duduk-duduk sambil membaca majalah, atau menonton TV bisa menjadi kegiatan yang merilekskan. Bila kita memiliki anak, kita bisa mencuri waktu di siang hari ketika si kecil sedang tidur siang untuk beristirahat sejenak. Jangan ragu untuk meminta bantuan pasangan, keluarga, atau pekerjakan asisten rumah tangga untuk membantu bunda membereskan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga.

4. Sesuaikan gaya hidup selama bunda mengandung. Buatlah catatan untuk mengetahui kegiatan apa yang biasanya membuat bunda cemas atau stres. Apakah pekerjaan di kantor? Ataukah kegiatan sosial dan tanggung jawab yang mulai membuat bunda kewalahan? Jangan memaksakan diri untuk memikul segala tanggung jawab bunda sebelum hamil sekarang. Ciptakan keseimbangan antara kegiatan dan tanggung jawab kita dengan keharusan untuk merawat diri demi kesehatan janin kita.

Baca juga: Cara agar produksi air susu banyak

5. Persiapkan persalinan dengan baik mulai dari sekarang. Bila kita khawatir dengan proses persalinan yang akan segera tiba, ada baiknya kita mulai bersiap-siap. Carilah referensi supaya bunda lebih memahami setiap tahap adri proses persalinan dan cara yang efektif untuk melaluinya. Berkonsultasilah dengan bidan tentang kecemasan bunda. Hal ini akan sangat membantu.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru