09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Langkah-langkah cara mendeteksi alergi pada anak-anak

KategoriParenting
Di lihat1722 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara mendeteksi alergi makanan pada anak

Alergi makanan seringkali muncul pada masa kanak-kanak. Saat si kecil mengalami alergi, tubuh mereka akan bereaksi seakan-akan makanan tertentu adalah zat asing yang berbahaya. Bila reaksi alergi terjadi, tubuh akan melepaskan zat-zat kimia tertentu (misalnya histamin) yang akan menimbulkan gejala-gajala seperti bersin, pilek, batuk, dan gatal-gatal.

Baca juga: Tips menangani balita yang suka merajuk

Gejala lain dari reaksi alergi

Anak-anak yang mengalami reaksi alergi mungkin juga mengalami rasa kembung, nyeri perut, kram, diare, ruam, dan pembengkakan. Reaksi tersebut ada yang terjadi langsung setelah memakan makanan yang memicu alergi, namun tak jarang baru muncul setelah beberapa jam atau bahkan beberapa hari.

Bila si kecil menunjukkan gejala alergi, ayah bunda sebaiknya segera menghubungi dokter. Diagnosa alergi tidaklah mudah karena gejala-gejala di atas mungkin merupakan tanda dari gangguan kesehatan lain.

Kalaupun gejala tersebut telah didiagnosa sebagai reaksi alergi, menemukan makanan yang telah memicu alergi tersebut juga tidak mudah. Karena itu, dokter mungkin akan merujuk si kecil ke pakar alergi. Berikut adalah beberapa langkah diagnosa yang mungkin diambil oleh pakar alergi tersebut:

Langkah diagnosa alergi si kecil

Diet eliminasi

Diet eliminasi dilakukan dengan mengeliminasi setiap makanan yang diduga sebagai pemicu alergi dari menu makanan si kecil. Selama beberapa minggu, gejala alergi akan diamati secara intensif untuk mengetahui apakah mereka menghilang setelah makanan tersebut dihilangkan dari menu makanan.

Baca juga: Tips sederhana agar si kecil lelap sepanjang malam

Bila ya, makanan-makanan tersebut akan dimasukkan kembali satu demi satu ke dalam susunan makanan sehari-hari si kecil sambil mengamati apakah reaksi alergi muncul kembali. Dengan demikian makanan yang memicu reaksi alergi pada si kecil akan diketahui.

Tes kulit dan darah

Caranya, kulit punggung atau tangan si kecil digores, kemudian diberi sedikit ekstrak dari makanan yang diduga sebagai penyebab alergi. Pakar alergi akan mengamati apakah muncul reaksi alergi, misalnya pembengkakan atau rasa gatal. Tes ini dianggap efektif untuk mendiagnosa alergi udara, namun validitasnya untuk mendiagnosa alergi makanan masih diperdebatkan.

Tes RAST

Beberapa pakar alergi mungkin akan melakukan Tes RAST yang dilakukan dengan mancampur sampel darah dengan ekstrak dari makanan yang diduga sebagai penyebab alergi. Darah tersebut diamati untuk mengetahui apakah ada antibodi yang terbentuk dalam darah sebagai reaksi dengan adanya zat dalam makanan tersebut.

Mengelola alergi pada si buah hati

Bila makanan pemicu alergi sudah diketahui, dokter biasanya akan merekomendasikan kepada kita untuk menjauhkan makanan tersebut dari menu harian si kecil. Bukan hanya bahan makanan yang menyebabkan alergi, makanan lain yang mengandung bahan makanan tersebut juga harus dihindari.

Misalnya, bila si kecil alergi terhadap susu sapi, makan ia harus dihindarkan dari susu dan semua produknya, serta makanan yang mengandung susu sapi seperti cake, kukis, dan sebagainya. Hal ini mungkin menjadi lebih sulit bila si kecil alergi terhadap beberapa jenis makanan. Akan tetapi, tetap utamakan kesehatan si buah hati.

Baca juga: Trik ampuh menyiasati si kecil yang susah makan

Tanyakan pula kepada dokter apakah ada makanan lain yang bisa menggantikan makanan pemicu alergi pada si kecil dalam menu makanannya. Misalnya, apakah susu sapi bisa diganti dengan produk kedelai atau sayuran yang mengandung kalsium. Atau bila si kecil alergi terhadap gandum, apakah tepung gandum bisa diganti dengan tepung jagung atau tepung beras.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru