09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Madu vs gula. Manakah yang terbaik untuk pemanis?

KategoriNutrisi
Di lihat1337 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

manakah yang lebih baik gula atau madu

Jenis akanan manis adalah favorit anak-anak sepanjang masa. Permen, coklat, biskuit dan panganan manis lainnya selalu menjadi pilihan bagi mereka. Sekalipun memiliki rasa yang lezat, kandungan pemanis di dalamnya patut diwaspadai, karena bila tidak terkontrol dapat micu kegemukan serta kerusakan gigi. Mungkin sempat terpikir oleh bunda untuk mengganti gula dalam makanan si buah hati dengan bahan pemanis alami, seperti madu. Namun, benarkan madu lebih aman dikonsumsi si kecil dibanding gula? Bagaimanakah perbandingan kandungan zat di dalam kedua bahan pemanis tersebut?

Baca juga: Saat si kecil berketombe, coba tips berikut ini

Apa kata ahli tentang gula dan madu bagi si kecil?

Milena Katz, juru bicara Dietitians Association of Australia mengatakan bahwa para orang tua perlu membatasi konsumsi gula dan termasuk madu bagi si kecil. Gula dan madu, keduanya adalah pemanis. Baik orang dewasa maupun anak-anak hanya boleh mengkonsumsi keduanya dalam jumlah yang terkontrol.

Jumlah kalori dan kandungan nutrisi dalam gula dan madu serupa. Namun, madu memiliki Glycaemic Index (GI) yang sedikit lebih rendah artinya saat dicerna madu lebih sedikit menaikkan tingkat gula darah dibanding gula pasir. Madu juga mengandung beberapa nutrisi penting, seperti makronutrien dan mikronutrien, prebiotik, probiotik, dan sebagainya. Sebagai pemanis madu memang lebih baik dari gula,  namun, karena konsistensinya, mungkin agak sulit menentukan takaran pas dari jenis pemanis ini. Sebagai akibatnya terkadang ayah bunda menambahkan terlalu banyak madu tanpa kita sadari.

Baca juga: 6 Permainan murah meriah untuk melatih kecerdasan si kecil

Madu untuk bayi, bolehkah?

Sebagian ahli tidak merekomendasikan madu untuk dikonsumsi oleh bayi berusia di bawah 12 bulan karena berpotensi menyebabkan terjadinya botulisme. Botulisme adalah penyakit langka, namun mematikan yang disebabkan oleh toksin syaraf yang dihasilkan oleh bakteri Clostridium botulinum. Adanya bakteri tersebut bukan berasal dari madu melainkan umumnya dari penanganan madu yang kurang higienis saat diproses.

Jika masuk kedalam pencernaan si kecil, bakteri ini dapat berkembang biak dalam usus si kecil dan menghasilkan zat toksin yang bisa menyebabkan lemah otot, sembelit, dan masalah pernafasan. Bila ayah dan bunda menemukan gejala-gejala ini terjadi pada si kecil, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan medis untuk mencegah komplikasi.

Beberapa ahli masih memperbolehkan pemberian madu pada bayi dengan syarat di tim terlebih dahulu. Fungsi di tim atau dikukus dalam botol adalah untuk mensterilkan madu dari potensi adanya bakteri berbahaya bagi si kecil.

Efek negatif konsumsi gula dan madu bagi si kecil

Baca juga: 5 Jenis makanan dengan kadar omega-3 tinggi

Madu adalah bentuk alami dari gula. Namun, pemanis hasil produksi lebah ini tetaplah sama dengan gula dan bukan merupakan asupan yang sehat bila dikonsumsi berlebihan. Tidak masalah bila si kecil mengkonsumsi gula atau madu dalam jumlah terbatas. Akan tetapi, lebih baik baginya untuk mengkonsumsi gula alami, misalnya yang terkandung dalam produk susu atau buah-buahan. Sebagai ganti gula atau madu bunda bisa menambahkan gula alami tersebut sebagai pemanis pada makanan si buah hati.

Karena sifatnya sebagai pemanis, gula maupun madu dapat menimbulkan gangguan pada gigi bila tidak dijaga kebersihannya. Sebagai langkah antisipasi, biasakan si kecil menggosok gigi secara rutin. Bunda dapat menggunakan sikat halus tanpa pastagigi untuk membersihkan gigi si kecil yang berusia 12 bulan ke kebawah. Saat si kecil berusia 18 bulan, bunda bisa menggunakan pasta gigi khusus anak untuk membersihkan gigi mereka.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru