09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Manfaat asam lemak omega-3 bagi bunda dan si janin

KategoriKehamilan
Di lihat1801 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

khasiat omega 3 untuk ibu hamil

Sangatlah penting bagi bunda untuk memilih jenis makanan dengan kandungan nutrisi yang cukup dan berimbang. Selain folat, zat besi, kalsium, dan yodium, asam lemak omega-3 adalah zat yang sangat penting bagi kesehatan bunda dan pertumbuhan si janin selama masa kehamilan. Asam lemak omega-3 penting untuk perkembangan otak, syaraf, dan mata janin. Ada bentuk asam lemak omega-3 yang berperan dalam tubuh manusia yaitu ALA, EPA, dan DHA. Untuk si kecil, jenis asam lemak yang paling penting adalah DHA (asam dokosaheksaenoat)

Baca juga: 7 Tips nutrisi bagi ibu menyusui

Tubuh ayah bunda mampu memproduksi DHA rantai panjang dari ALA rantai pendek. Akan tetapi, tubuh si janin belum dapat melakukan hal yang sama. Karena itu, asupan DHA dari makanan dan suplemen yang dikonsumsi oleh ibu hamil adalah sumber DHA terpenting bagi mereka. Konsumsilah makanan-makanan kaya DHA selama kehamilan, terutama pada 3 bulan pertama, dan selama masa menyusui. Sebuah studi menyebutkan bahwa ibu membutuhkan 250 mg DHA selama masa kehamilan.

Sumber alami DHA bagi ibu hamil

Selama kehamilan, sangatlah baik untuk memperbanyak konsumsi makanan-makanan berikut.

1. Beberapa jenis ikan termasuk salmon, sarden, dan tuna adalah sumber terbaik DHA. Usahakan mengkonsumsi 1 porsi ikan-ikan tersebut setiap minggu. Namun, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi seafood selama kehamilan, karena makanan laut mungkin mengandung logam berat merkuri yang bisa membahayakan janin.

2. Beberapa jenis telur yang dijual dipasaran telah ditambah dengan lemak omega 3 sehingga sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Baca juga: ASI menurunkan resiko obesitas bayi

3. Kenari, biji rami, biji chia, dan kedelai merupakan sumber asam lemak omega 3 yang berasal dari tumbuhan. Makanan tersebut merupakan sumber ALA, suatu lemak omega 3 berantai pendek. Di dalam tubuh bunda ALA akan diubah menjadi DHA yang rantainya lebih panjang.

Omega-3 Vs omega-6

Lemak trans dapat menghentikan tubuh untuk mengkonversi omega 3 berantai pendek menjadi DHA. Karena itu, kurangi konsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak lemak trans, seperti fastfood dan pastry. Omega 6 juga bisa menghambat proses konversi asam lemak omega 3 berantai pendek menjadi DHA. Kurangi bahan-bahan makanan yang banyak mengandung omega 6 seperti, minyak bunga matahari. Gantikan penggunaan minyak-minyak tersebut dengan minyak zaitun atau minyak canola.

Suplemen DHA untuk ibu hamil

Selain dari makanan-makanan di atas, DHA juga dapat diperoleh dari berbagai produk makanan di pasaran. Banyak suplemen multivitamin khusus kehamilan kini telah dilengkapi dengan minyak ikan yang kaya akan lemak omega 3. Selain itu, bunda dapat mengkonsumsi minyak ikan secara langsung yang dapat diperoleh diapotek terdekat.

Baca juga: Sumber yodium untuk ibu menyusui

Pilih hanyak produk minyak ikan yang terbuat dari daging ikan, bukan hati ikan. Minyak ikan yang terbuat dari hati ikan berbahaya bagi janin karena banyak mengandung retinol dan vitamin A. Selain itu, banyak pula produk-produk makanan yang telah ditambah dengan DHA, sehingga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Produk-produk tersebut misalnya susu, yogurth, roti, dan jus.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru