Manfaat belajar makan mandiri bagi balita bunda

Pastikan Ayah Bunda nge-like tombol Facebook Balitapedia di atas untuk mendapatkan tips, resep, games, dan info menarik lainnya seputar tumbuh kembang balita tercinta.

Kapan sikecil bisa menggunakan sendok secara sempurna?

Belajar makan sendiri akan berdampak pada tahapan perkembangan sosia balita bunda. Ketika bunda memberikan kebebasan pada sikecil untuk memegang makanan atau sendok sendiri, belajar memasukan makanan kedalam mulutnya, pada saat yang sama bunda telah mendorong si kecil untuk belajar mengoptimalkan kemampuan motoris sekaligus kemampuan komunikasinya.

Mengikutsertakan sikecil dimeja makan saat ayah bunda makan bersama sangat disarankan para ahli tumbuh kembang anak, berikan mereka makanan untuk dipegang dan dikunyah untuk melibatkan sikecil di meja makan. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan karena sekali lagi dapat mendorong perkembangan psikologis si kecil.

Suasana ceria bersama dimeja makan dapat dimanfaatkan ayah bunda untuk membangun komunikasi dengan si kecil. Jika si kecil merasa bosan di meja makan, biarkan dia turun dan bermain di lantai.

Sikap orang tua terhadap anak yang sedang belajar makan

Ayah bunda jangan berharap terlalu banyak dari si kecil, saat si buah hati belajar makan sendiri, berantakan dan koror karena makanan adalah hal yang wajar. Pastikan si kecil menggunakan celemek  dan gunakan plastik bersih yang lebar sebagai alas si kecil agar makanan tidak jatuh ke lantai. Pada saat si kecil menginjak usia 15 sampai 18 bulan, biasanya ia sudah bisa mengunakan sendok untuk makan tanpa banyak yang tumpah.

Sediakan waktu yang cukup lama untuk makan si kecil, terkadang mereka membutuhkan waktu lebih lama karena terkadang menjadikan makanan sebagai bahan mainan. Bunda jangan terlalu pusing dengan cara makan si kecil diusia ini, tapi ajari mereka untuk tidak melakukan hal diluar batas seperti membuang-buang makanan atau melemparkan makanan kepada orang lain.

Kapan si kecil bisa menggunakan sendok secara sempurna?

Biasanya menginjak usia tiga tahun, sibuah hati sudah cukup tangkas menggunakan sendok dan garpu sendiri. berikan porsi makanan yang kecil untuk dihabiskan terlebih dahulu, dan tambah lagi jika si buah hati minta lagi. Berikan pujian atau tepuk tangan jika si kecil menghabiskan makanannya. Jangan membiasakan si kecil dengan iming-iming sogokan atau ancaman untuk ‘memaksa’ sikecil menghabiskan makanannya.

Jika si buah hati bunda sudah sukup besar, mereka boleh dilibatkan dalam proses penyiapan makanannya. Mengolesi roti dengan selai, menaburkan keju diatas roti, atau membantu bunda menyiapkan meja makan  adalah aktifitas yang menyenangkan bagi si kecil sekaligus menumbuhkan kemampuan berinteraksi si kecil dengan lingkunganya.

Tambahkan komentar: