09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Manfaat kesehatan menyusui bagi bunda dan bayi

KategoriMenyusui
Di lihat1201 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

benarkah asi ekslusif membuat bayi menjadi lebih cerdas

Ada banyak penelitian yang mengungkap dampak positif menyusui baik bagi bunda maupun bagi si bayi. Selain berperan dalam membangunikatan emosional antara bunda dan si kecil, menusui juga dipercaya mampu menurunkan resiko depressi paska persalinan pada ibu yang baru melahirkan. Bagi si buah hati, selain dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harianya, ASI terbukti dapat melindungi tubuh mereka dari serangan kuman penyakit. Berikut adalah ulasan singkat seputar manfat menyusui baik bagi bunda maupun si mungil.

Baca juga: Strategi tidur untuk ibu yang baru melahirkan

Menyusui menurunkan resiko depresi paska kelahiran

Institut Kesehatan Nasional di Amerika serikat, sebagaimana dilansir oleh situs babycenter.com, telah melakukan review terhadap 9.000 penelitian seputar dampak menyusui, dan hasilnya mereka menyimpulkan bahwa wanita yang tidak menyusui bayinya memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami kondisi depresi setelah persalinan.

Mayoritas ibu melahirkan merasa bahagia dan rileks saat mereka menyusui bayinya. Para ahli mengungkap bahwa aktivitas menyusui dapat mentriger pelepasan hormon oksitosin. Beberapa studi mengungkap bahwa hormon jenis ini memicu relaksasi dan rasa mencintai. Pada ibu melahirkan, hormon oksitosin juga diproduksi dan berperan dalam proses kontraksi rahim setelah kelahiran. Kondisi ini menurunkan resiko pendarahan paska persalinan.

Baca juga: Panduan menyusui bayi prematur

Menyusui dan kecerdasan bayi

Ada banyak penelitian yang telah mencari hubungan antara kegiatan menyusui dengan perkembangan kecerdasan si buah hati. Dalam sebuah studi yang melibatkan lebih dari 17.000 bayi, para peneliti menyimpulkan mereka yang menerima ASI ekslusif memiliki tingkat perkembangan yang lebih cerdas dibanding bayi yang tidak mendapatkan ASI ekslusif. Pengamatan dalam penelitian ini dilakukan dari mulai bayi lahir hingga usia mereka mencapai 6 ½ tahun melalui beragam tes termasuk tes IQ.

Dalam penelitia lain yang melibatkan sekitar 4.000 responden, menunjukan bahwa anak yang semasa bayinya menerima ASI ekslusif menunjukan skor lebih tinggi dalam hal nilai tes kosakata. Tes dilakukan saat usia mereka menginjak 5 tahun. Penelitian tersebut juga mengungkap, semakin lama si kecil mendapatkan ASI ekslusif, semakin bagus nilai yang mereka peroleh.

Bayi yang terlahir prematur dengan berat badan jauh dibawah angka normal, namun menerima ASI ekslusif dari ibunya, menunjukan peningkatan yang jauh lebih signifikan dalam hal perkembangan mental di usia 18 bulan dibanding bayi prematur yang mengkonsumsi susu formula.

Baca juga: Gejala saat bayi mengalami dehidrasi

Dalam sebuah studi lanjutan para peneliti menemukan bahwa bayi prematur yang mengkonsumsi air susu ibu lebih jarang masuk rumah sakit akibat serangan infeksi penyakit dibagian sistem pernafasan bila dibandingkan dengan bayi yang tidak menerima ASI ekslusif.

Para peneliti menduga proses menyusui semakin memperkokoh kedekatan emosional antara bunda dan bayi, dan hal ini nampaknya berkontribusi terhadap kemampuan otak untuk bekerja secara optimal. Disisi lain, air susu ibu mengandung asam lemak yang sangat diperlukan dalam perkembangan otak mereka.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru