09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Manfaat sehat si lezat stroberi bagi bayi bunda

KategoriBayi
Di lihat4427 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

resep stroberi untuk bayi bunda

Rasa buah stroberi matang yang asam manis memang menyegarkan. Namun siapa sangka, dibalik kelezatannya, buah berwarna merah cerah ini juga kaya akan manfaat. Termasuk bagi si kecil yang sudah mulai mengenal makanan semi padat. Sekalipun rasanya manis saat sudah matang, stroberi tidak memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga tidak berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan bagi bayi. Kulitnya yang bertekstur lunak juga cocok bagi si kecil yang baru belajar mengunyah dengan gusinya.

Baca juga: Jenis minuman terbaik untuk si kecil

Kandungan nutrisi buah stroberi

Kulit merah buah stroberi yang berkilau ternyata membungkus nutrisi dengan manfaatnya yang luar biasa. Vitamin C yang terkandung di dalamnya mampu mendukung pemulihan tubuh si kecil dari masa sakit, membangun kolagen, dan mampu melawan infeksi. Kandungan folatnya membantu tubuh membentuk sel-sel darah . Kalium dalam stroberi mendukung fungsi otot tubuh si kecil supaya tetap normal dan mengatur ritme jantung. Di dalamnya juga terdapat kebaikan antioksidan dan juga serat.

Saat yang tepat mengenalkan stroberi

Stroberi dapat mulai diberikan segera setelah si kecil mulai mengenal makanan semi padat, atau pada usia sekitar 6 bulan. Menurut pendapat lama, orang tua tidak disarankan untuk memberikan stroberi kepada bayi sebelum ia berusia 12 bulan. Namun, menurut Panduan Makanan Bayi yang dikeluarkan pada bulan Februari 2013 oleh National Health and Medical Research Council (NHMRC) Australia, para orang tua tidak perlu menunda memperkenalkan jenis makanan apapun, kecuali madu (karena bisa menyebabkan botulism) dan kacang tanah (karena bisa menyebabkan tersedak).

Baca juga: Bolehkah anak balita diberi susu kedelai?

Tips pemberian stroberi pada si kecil

Salah satu yang penting untuk diperhatikanĀ  dalam memperkenalkan buah stroberi adalah teksturnya. Bagi si kecil yang baru mengenal makanan semi padat, berikan stroberi yang telah dihaluskan dengan blender. Setelah itu, seiring bertambahnya usia bayi, secara bertahap berikan stroberi yang dicincang kasar, dipotong kecil-kecil, hingga dipotong dalam ukuran yang lebih besar.

Stroberi vs. alergi

Beberapa orang tua mungkin pernah mengeluhkan bayinya yang mengalami gatal-gatal, timbul ruam, ataupun diare setelah bersentuhan atau mengkonsumsi stroberi. Namun, para ahli berpendapat bahwa kasus alergi semacam ini sangat jarang terjadi. Mungkin, tingkat keasaman yang tinggi dari stroberi menimbulkan reaksi-reaksi tersebut pada sebagian bayi. Masih menurut para ahli, hal ini bukanlah alasan bagi para orang tua untuk menunda memperkenalkan stroberi bagi bayinya. Sebab, para orang tua dianjurkan untuk memperkenalkan sebanyak mungkin jenis makanan bagi bayi.

Porsi stroberi untuk si kecil

Baca juga: Jenis makanan ber-Omega-3 tinggi

Satu yang perlu diingat, jangan berlebihan memberikan stroberi pada si kecil. Konsumsi gula buah dan serat yang terlalu banyak bisa mengganggu pencernaan dan membuat perut si kecil penuh gas. Pada anak berusia 1 hingga 3 tahun, konsumsi buah yang dianjurkan adalah 2 porsi anak-anak. 1 porsi anak-anak kira-kira sama dengan 1 buah stroberi ukuran besar.

Supaya lebih menarik, stroberi bisa dipadukan dengan buah-buahan lainnya dan disajikan sebagai salad, dicampur dengan yogurth, dijadikan smoothie, dicampur cream cheese, ataupun bahan-bahan lainnya. Semuanya tergantung bagaimana bunda berkreasi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru