09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Manfaat tersembunyi dibalik pijat bayi

KategoriParenting
Di lihat585 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Manfaat tersembunyi dibalik pijat bayi

Ternyata praktik pijat bayi bukan hanya dominasi orang Indonesia saja, aktifitas pijat bayi telah menjadi bagian dari kebudayaan di berbagai negara, bahkan aktivitas ini telah menjadi salah satu rekomendasi dunia medis modern. Pijat bayi dipercaya tidak hanya membuat bayi rileks, lebih dari itu, aktifitas yang melibatkan ‘skin to skin contact’ ini dapat mempererat hubungan emosional antara Bunda dan bayi bunda.

Harap diketahui sebelumnya bahwa aktivitas pijat bayi tidak boleh dilakukan kecuali oleh bunda atau terapis yang sudah mengetahui teknik memijat yang benar. Resiko terkilir dapat terjadi jika memijat bayi tanpa pengetahuan yang benar. Tulang dan sendi bayi masih rawan dan beresiko cidera jika dipijat dengan teknik yang salah. Konsultasi dengan dokter atau ahli terapis bayi untuk mengetahui cara memijat bayi dengan benar.

Manfaat pijat bayi

1. Melatih respon syaraf. Menurut majalah online ayahbunda.co.id, salah satu manfaat pijat bayi adalah merangsang dan melatih respon syaraf bayi. Tekakan dan pijatan dibeberapa bagian tubuh bayi disertai dengan aroma tubuh bunda adalah kondisi ideal untuk melatih respon syaraf bayi.

2. Meningkatkan kosumsi ASI. Menurut dr Noor Idha Handajani SpK-FR, Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RSU dr Soetomo Surabaya, pijat bayi dapat meiningkatkan kualitas penyerapan nutrisi dari ASI sehingga bayi menjadi cepat lapar. Akibatnya si kecil akan lebih sering menyusui.

3. Karena konsumsi ASI meningkat maka berat badan juga dapat meningkat. Sehingga secara tidak langsung, aktifitas pijat bayi dapat meningkatkan bobot badan bayi.

4. Mengurangi ganguan sakit karena kolik dan perut kembung. Cara pijat yang tepat dapat meringankan gejala kolik pada bayi termasuk membantu mengeluarkan gas yang terdapat pada perut bayi. Gas ini biasanya akan menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi sehingga bayi menjadi lebih rewel.

5. Membangun jalinan emosional antara si kecil dan bunda. ‘Skin to skin contact’ antara bayi dan bunda, kontak mata, senyum dan ekspresi wajah bunda  adalah bentuk komunikasi nonverbal antara bunda dan bayi bunda.

6. Meningkatkan system imunitas. Menurut hasil studi yang dilakukan oleh Touch Research Institute, Florida, Amerika Serikat, aktifitas pijat bayi yang benar dapat meningkatkan produksi seldarah putih yang berperan dalam memerangi sumber penyakit dari luar.

7. Meningkatkan kualitas tidur. Pijat bayi akan membuat bayi lebih rileks serta melancarkan peredaran darah. Rasa nyaman yang ditimbulkan akan memicu kualitas tidur yang baik. Biasakan memijat si kecil setelah cukup menyusui untuk memperbaiki kualitas tidurnya.

8. Selain manfaat-manfaat diatas, pijat bayi yang tepat dapat pula meningkatkan suplai oksigen, meningkatkan fungsi indra-indra sensorik, melancarkan sirkulasi nutrisi dalam tibuh, dan meningkatkan kesadaran bayi akan tubuhnya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru