09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Mangga, buah lezat kaya manfaat bagi si buah hati

KategoriNutrisi
Di lihat14596 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Manfaat sehat buah mangga untuk anak bayi

Ayah Bunda pasti banyak yang suka buah mangga. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah berdaging kuning ini sangatlah kaya akan kandungan nutrisi. Sebagaimana buah dan sayuran berwarna kuning lainnya, mangga mengandung beta-karoten yang sangat baik bagi tubuh. Tidak hanya bagi orang dewasa, kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah ini juga sangat bermanfaat bagi bayi.

Mengapa mangga baik bagi si buah hati?

Baca juga: Kapan si buah hati boleh minum susu sapi?

1. Mangga menyediakan lebih banyak beta-karoten daripada yang dapat diberikan oleh buah-buahan lain. Beta-karoten adalah sejenis karotenoid yang merupakan zat antiosidan yang kuat. Antiosidan dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab penuaan dini, bahkan dipercaya mampu menangkal beberapa jenis kanker. Semakin gelap warna daging mangga, semakin tinggi kandungan beta-karoten di dalamnya.

2. Dalam tubuh, beta-karoten akan diolah menjadi vitamin A. Vitamin jenis ini memberikan beberapa manfaat bagi tubuh kita seperti menyehatkan penglihatan, mendukung imunitas, dan menyehatkan kulit, disamping perannya untuk mendukung pertumbuhan tulang pada bayi.

3. Buah mangga kaya akan vitamin C. Vitamin C yang terkandung hanya dalam 100 gram mangga sudah mencukupi kebutuhan harian vitamin C si kecil. Zat antioxidan ini diperlukan tubuh untuk mempercepat penyembuhan luka, memelihara kesehatan sistem imun tubuh, dan mendukung kesehatan fungsi otak.

Baca juga: Hati-hati bahaya tersedak pada balita

4. Buah mangga memiliki Glycaemix Index (GI) yang rendah. Bahan makanan dengan Glycaemix Index (GI) yang rendah akan terurai dalam tubuh setelah beberapa jam. Karenanya, jenis makanan ini hanya menimbulkan sedikit peningkatan glukosa pada darah. Hal ini memberikan beberapa keuntungan bagi tubuh bayi, antara lain menyediakan energi lebih lama bagi tubuh dan membantu menurunkan resiko terserang diabetes dan penyakit liver saat mereka beranjak dewasa.

Adakah efek samping bagi bayi bila mengkonsumsi mangga?

Mangga dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian bayi, namun hal ini sangatlah jarang terjadi. Orang yang memiliki alergi terhadap kacang mente dan yang sejenisnya biasanya alergi juga terhadap mangga. Alergi yang terjadi akibat mengkonsumsi mangga biasanya hanyalah gangguan dermatologis, yakni munculnya bercak merah disertai sensasi gatal pada kulit. Reaksi alergi tersebut sebenarnya bukan ditimbulkan oleh daging mangga, melainkan oleh getah yang terdapat pada kulitnya.

Baca juga: Tips agar si kecil terhindar dari cacingan

Mangga untuk si buah hati tercinta

Mangga bisa mulai diberikan kepada bayi setelah bulan ke-6. Buah tropis ini sangat lezat bila diolah dengan berbagai bahan makanan lain. Untuk bayi berusia 6 hingga 8 bulan bunda bisa mulai memberikan daging buah mangga manis yang sudah dihaluskan (puree).

Untuk bayi berusia 8 hingga 10 bulan buah mangga halus bisa dicampurkan dengan bahan-bahan lain seperti yogurt tawar atau vanilla. Mangga yang dihaluskan juga sangat lezat bila disajikan bersama buah-buahan lain seperti pisang, alpukat, melon, dan persik. Bahkan, bunda juga dapat berkreasi dengan mencampurkan mangga dengan tahu yang telah dihaluskan.

Nah, bunda, tertarik untuk mencobanya?

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru