09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Mari membuat buah-buahan kering untuk si kecil

KategoriNutrisi
Di lihat1624 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips membuat buah kering untuk anak

Si kecil membutuhkan asupan buah-buahan yang kaya akan kandungan serat dan nutrisi bermanfaat. Serat membuat sistem pencernaan berjalan lebih lancar dan mencegah konstipasi.  Buah-buahan kering termasuk kurma dan kismis juga kaya akan antioksidan yang mampu mencegah berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Ayah bunda juga akan menemukan kandungan  vitamin E, zat besi, magnesium, dan kalium di dalam buah-buahan kering dengan jumlah yang beragam. Sebagaimana banyak diketahui, kandungan vitamin dan mineral tersebut sangat penting bagi kesehatan tubuh kita dan tentunya juga bagi si kecil.

Baca juga: Resep jus buah penambah berat badan si kecil

Karakteristik buah kering

Kekurangan buah-buahan kering dibanding buah segar adalah kandungan gulanya yang lebih tinggi, sehingga salah satu makanan lezat ini hanya boleh dikonsumsi sesekali dalam jumlah yang terkontrol. Disamping itu, karena teksturnya yang lengket, buah-buahan kering mudah menempel di gigi dan bisa menyebabkan kerusakan gigi. Karenanya, pastikan kita membersihkan gigi dengan baik setelah mengkonsumsinya.

Berikut adalah beberapa hal yang patut dicoba guna mengurangi dampak negatif konsumsi buah-buahan kering:

1. Buatlah buah-buahan kering sendiri. Membuat buah-buahan kering sendiri membuat kita mampu mengatur jumlah gula dan pengawet di dalamnya. Contohnya, kismis yang biasa dibeli dipasaran biasanya dilapisi minyak sayur untuk membuatnya tidak asling menempel ketika dikemas. Selain itu, beberapa buah-buahan kering mengandung pengawet yang berasal dari sulfur. Bahan ini terkadang menimbulkan reaksi pada anak-anak. Dibawah adalah video cara pembuatan buah kering dari bahan stroberi, cocok disajikan buat si kecil.

2. Berhatilah-hatilah saat membeli buah-buahan kering. Bila anda tidak memiliki cukup waktu untuk membuat buah-buahan kering sendiri, pilihlah buah-buahan yang dikeringkan dengan sinar matahari. Hal ini menghindari kandungan bahan pengawet yang berlebihan di dalamnya. Pilihlah produk lokal, karena label pada buah-buahan kering impor bisa berbeda-beda sehingga lebih sulit mengetahui apa yang kita beli.

Baca juga: Bolehkah bayi minum jus buah?

3. Hati-hati dengan jumlah porsi makan. 1 porsi apricot kering biasanya sekitar 4 hingga 6 bagian dan 1 porsi untuk sultana biasanya sekitar 1,5 sendok makan. Mengkonsumsi buah-buahan kering secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan gigi akibat kadar gulanya yang cukup tinggi.

Tips membuat buah-buahan kering sendiri

Gunakanlah buah-buahan yang telah matang, tidak memar, maupun rusak. Cuci dan kupas buah-buahan. Hilangkan biji dan bagian tengah buah yang keras, kemudian potong-potong. Panaskan oven pada suhu 80 derajat celcius. Susun buah-buahan dalam 1 lapisan di atas loyang.

Baca juga: 5 Jenis minuman terlarang untuk anak bayi

Selama pemanggangan biarkan pintu oven sedikit terbuka untuk menjaga sirkulasi udara. Periksa buah-buahan dalam oven tiap 30 menit. Anda bisa mengubah-ubah posisi loyang untuk memastikan buah di atasnya matang secara merata. Lakukan hingga buah memiliki tekstur yang mudah dikunyah. Waktu yang diperlukan untuk memanggang buah hingga matang adalah sekitar 4 jam. Setelah matang, biarkan buah selama semalam untuk membuatnya lebih kering. Simpan buah-buahan kering di dalam wadah kedap udara.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru