09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Mari mengenal 3 tahap keterampilan makan balita ayah bunda

KategoriPrilaku
Di lihat398 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tahapan perkembangan kemampuan makan balita

Saat usia si kecil menginjak satu tahun, mereka sudah bukan bayi lagi. Pada tahap usia 1-5 tahun mereka mulai memasuki fase perkembangan dengan rasa ingin tahu yang besar. Di usia ini mereka senang mengesplorasi apapun yang menarik perhatian mereka. Dalam hal makan pun mereka mengalami perubahan, saat gigi mulai tumbuh, mereka sudah siap menerima berbagai jenis makanan baru secara bertahap dari mulai makanan lembek sampai makanan keras.

Kebiasaan dan selera si kecil pun akan berubah mengikuti perkembangan usianya, mereka akan menyukai jenis makanan tertentu dan menolak jenis makanan yang rasa dan teksturnya masih asing bagi mereka. Sangat penting bagi bunda untuk mengenalkan berbagai jenis makanan sejak dini agar si kecil terbiasa dengan beragam jenis makanan tersebut selain agar mereka mendapat asupan nutrisi lengkap yang berimbang.

(Baca juga: 16 Jenis nutrisi penting bagi balita ayah bunda)

Ayah bunda juga perlu memahami pola makan yang berkaitan dengan usia perkembangan mereka agar masalah-masalah seputar makan si kecil dapat diminimalisir. Berikut adalah tahapan keterampilan makan si kecil berdasarkan perkembangan usia pertumbuhanya.

1. Usia 1-2 Tahun

  1. Di usia ini si kecil sudah mulai belajar makan dengan sendok dan minum sendiri, meski belum bisa mengarahkan sendok dan gelas kemulutnya dengan sempurna.
  2. Mulai suka mengaduk-ngaduk makanan dengan sendok
  3. Sudah dapat menilai rasa makanan sehingga mereka mulai menolak makanan yang rasanya masih asing.
  4. Rasa ingin tahu terhadap jenis makanan yang dimakan ayah bunda sangat tinggi.
  5. Mulai tertarik ikut makan saat orang dewasa disekitarnya makan. Mereka akan membuka mulut jika ayah bunda mendekatkan sendok berisi makanan ke mulutnya.

2. Usia 2-3 Tahun

Usia 2-3 tahun adalah masa yang ideal bagi ayah bunda untuk mengenalkan jenis makanan orang dewasa yang beranekaragam baik dari segi rasa, tekstur, dan aroma. Sangat penting bagi bunda untuk memastikan kelengkapan dan kecukupan kandungan nutrisi si kecil karena pada tahap ini pola makan mereka masih pasif, artinya si kecil memakan apa yang disediakan bunda. Di usia ini keterampilan makan si kecil meliputi:

  1. Sudah bisa menggunakan sendok lebih sempurna sehingga bisa menyuapkan makanan tanpa banyak tumpah
  2. Sudah bisa minum menggunakan gelas atau cangkir tanpa terlalu banyak tumpah
  3. Mereka sudah bisa merespon jika ditawari jenis makanan tertentu

(Baca juga: 3 Resep jus buah dan sayuran penambah berat badan si kecil)

3. Usia 4-5 Tahun

Saat usia mereka menginjak 4-5 tahun, mereka sudah menjadi prbadi aktif yang punya kehendak sendiri termasuk dalam masalah makanan. Kadang si kecil mau terlibat dalam proses penyiapan makanan saat bunda memasak di dapur. Di usia ini keterampilan makan yang sudah mereka kuasai diantaranya adalah:

  1. Mereka menyukai makanan yang disajikan dengan cantik dan menarik, baik dari bentuk dan warna makanan atau dari jenis alat makan yang digunakan.
  2. Mereka mulai senang makan bersama dengan keluarga di meja makan dan aktif mengkonsumsi makanan yang disajikan di menja makan.
  3. Selera makan anak semakin meningkat dan porsi semakin besar.
  4. Si kecil mulai meminta jenis makanan yang dibawa teman atau yang muncul di iklan televisi.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru