09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Mari mengenal manfaat probiotik bagi kesehatan balita ayah bunda

KategoriKesehatan
Di lihat784 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Dampak positif konsumsi probiotik bagi anak balita

Penelitian seputar manfaat probiotik bagi kesehatan kita termasuk bagi si kecil sudah banyak dilakukan. Mayoritas hasil riset tersebut menyatakan bahwa konsumsi probiotik berdampak positif bagi kesehatan pencernaan kita. Menurut situs WebMD, secara spesifik ditemukan bahwa konsumsi suplemen atau makanan yang mengandung probiotik dapat meredakan gejala diare ringan pada si kecil khususnya diare yang dipicu konsumsi  antibiotik.

Definisi probiotik

Menurut situs Wikipedia, probiotik adalah jenis mikroorganisme tertentu (bisa berupa bakteri atau ragi) yang dapat memberikan efek baik pada kesehatan. Selain bagus untuk pencernaan si kecil, konsumsi probiotik juga dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Probiotik sering direkomendasikan oleh dokter dan ahli nutrisi terutama bagi mereka yang tengah mengkonsumsi obat-obatan antibiotik.

(Baca juga: Inilah 16 jenis nutrisi wajib untuk si kecil)

Dalam tubuh mikroba probiotik akan berkoloni dibagian sistem pencernaan khususnya ogan usus. Saat bakteri ‘jahat’ masuk kedalam pencernaan si kecil, bakteri ‘baik’ akan mengembalikan keseimbangan dengan cara menekan pertumbuhan bakteri ‘jahat’ serta memicu pembentukan sistem kekebalan tubuh si kecil.

Sumber mikroba probiotik

Meski dipasaran sudah banyak produk-produk suplemen probiotik, beberaa ahli berpendapat bahwa makanan alami yang mengandung bakteri probiotik lebih bagus karena dinilai lebih aman dikonsumsi dan lebih murah. Beberapa jenis produk probiotik diantaranya adalah yogurt, kefir, dan kombucha. Para ahli nutrisi merekomendasikan ayah bunda untuk memberikan jenis makanan terebut sesuai dengan porsi harian mereka.

Meski demikian, beberapa ahli berpendapat bahwa bakteri dalam yogurt atau kefir tidak secara alami ada dalam pencernaan si kecil sehingga saat bakteri tersebut masuk ke dalam pencernaan si kecil, mereka tidak akan bisa bertahan dan akan dikeluarkan dari sistem pencernaan. Namun demikian sebagian ahli yang lain berpendapat kandungan asam laktat pada yogurt dan kefir dinilai mampu melindungi si kecil dari serangan mikroba jahat dengan cara menurunkan kadar keasaman dalam pencernaan sehingga membuat kesempatan organisme meruginan untuk tumbuh menjadi lebih kecil.

(Baca juga: 3 Resep jus buah dan sayur penambah berat badan)

Dampak positif konsumsi probiotik terhadap kesehatan

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi probiotik mampu menurunkan resiko radang usus, diare akibat infeksi bakteri atau virus, dan diare akibat konsumsi antibiotik. Riset-riset terkait yang sedang berjalan seputar pemanfaatan probiotik termasuk untuk mengatasi infeksi saluran pernafasan dan telinga, asma, pilek, kolik, intoleransi laktosa, pembentukan lubang gigi, dan resiko obesitas karena dampak metabolisme yang tidak normal.

Penelitian seputar manfaat probiotik untuk anak-anak masih terus berkembang, hingga saat tulisan ini dibuat, para ilmuwan belum mendapat kejelasan mengenai jenis bakteri apa yang paling baik dan seberapa banyak dosis efektif untuk menjaga kesehatan si buah hati.

Jenis probiotik yang sedang dikembangkan

Para peneliti menemukan dari sekian banyak mikroorganisme probiotik, ada setidaknya tiga jenis mikroorganisme yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi probiotik unggulan yaitu:

  • Lactobacillus rhamnosis. Bakteri yang diduga mampu meredakan gejala diare akibat serangan rotavirus
  • Lactobacillus sporogenesis, dan
  • Saccharomyces boulardii dari kelompok ragi

(Baca juga: Resep jus brokoli sehat untuk balita bunda)

Kesimpulan

Meski belum disepakati para ahli, mengkonsumsi produk makanan probiotik seperti yogurt, kefir, dan kombucha dinilai mampu menurunkan resiko ganguan pencernaan ringan akibat serangan bakteri ‘jahat’. Untuk jenis suplemen probiotik, sebaiknya ayah bunda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikanya pada si buah hati.

Image source: http://www.foxnews.com/health/2011/10/06/are-probiotics-safe-for-kids/

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru