09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Mekanisme ASI mencegah serangan penyakit pada bayi?

KategoriMenyusui
Di lihat1361 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

bagaimana asi ekslusif dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi

Air susu ibu diperlukan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si buah hati saja, namun ASI juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral mereka selama 6 bulan pertama setelah proses persalinan. Selain zat nutrisi, vitamin, dan mineral, didalam ASI terkandung juga zat kekebalan tubuh yang tidak bisa diperoleh dari sumber lain. Zat ini berperan aktif dalam melindungi tubuh si mungil dari serangan berbagai kuman penyakit.

Baca juga: 4 Aktivitas untuk menstimulasi otak bayi

Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa para pakar sangat merekomendasikan pemberian ASI ekslusif setidaknya selama 6 bulan pertama. Penelitian yang fokus terhadap aktivitas menyusui juga mengungkap banwa skin-to-skin contact antara bunda dan bayi selama proses menyusui akan semakin mempererat ikatan emosional mereka.

ASI melindungi bayi dari beragam penyakit

Ada banyak penelitian yang mengungkap bahwa bayi yang menerima ASI ekslusif diketahui lebih jarang mengalami penyakit seperti gangguan kesehatan pada organ pernafasan, infeksi telinga bagian dalam, serta meningitis. Dan kalaupun mengalami penyakit tersebut, level keparahanya lebih rendah bila dibandingkan dengan bayi yang tidak minum air susu ibu. ASI ekslusif artinya si kecil hanya menerima susu ibu tanpa tambahan air, susu formula, atau jenis makanan dan minuman lainya.

Sebuah studi yang dilaksanakan oleh the National Institute of Environmental Health Science, di Amerika Serikat mengungkap bahwa anak-anak yang menerima ASI ekslusif memiliki resiko kematian pada usia 28 hari sampai 1 tahun, 20 persen lebih rendah dibandingkan anak yang tidak minum air susu ibu. Semakin lama ASI ekslusif yang diterima, semakin rendah resiko kematianya.

Baca juga: Cara mengatasi rambut pitak pada bayi

Zat imun dalam air susu ibu

Menurut para ilmuwan, komponen yang bertanggung jawab dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh si buah hati adalah molekul yang disebut dengan immunoglobulin A (IgA), yang banyak terdapat dalam colostrum, yaitu air susu ibu yang keluar pertama kali setelah kelahiran si mungil. Molekul immunoglobulin A ini masih dapat ditemui pada air susu ibu setelah beberapa waktu namun dalam jumlah yang lebih sedikit.

Didalam tubuh si mungil, molekul-molekul IgA ini akan melindungi permukaan saluran pencernaan terutama dibagian usus, saluran hidung bagian dalam, dan tenggorokan dari serangan kuman penyakit yang masuk kedalam tubuh mereka. Ajaibnya, zat antibodi yang terdapat dalam air susu ibu secara unik disesuaikan dengan potensi penyakit yang sering menyerang si kecil.

Saat kuman penyakit, termasuk dari kelompok virus dan bakteri, menyerang tubuh bunda, maka secara alami tubuh bunda akan menghasilkan zat kekebalan tubuh untuk menahan serangan virus dan bakteri tersebut, zat kekebalan ini tidak hanya digunakan untuk melindungi tubuh bunda saja, namun juga akan ‘diwariskan’ pada bayi melalui air susu. Hal ini menjadikan si kecil juga mampu menahan serangan sumber penyakit yang ada disekitar bunda (juga disekitar si kecil). Inilah salah satu keajaiban air susu ibu.

Baca juga: Tips merawat bayi yang terkena flu

Menyusui vs penyakit pada si kecil

Para ilmuwan juga menemukan hubungan bahwa menyusui dapat menurunkan resiko si buah hati dari beragam jenis penyakit yang menyerang saat mereka tumbuh besar nanti, termasuk penyakit diabetes tipe 1 dan 2, penyakit yang berhubungan kadar kolesterol tinggi, dan penyakit peradangan pada usus.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru