09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Mencegah dan mengatasi pening pada masa kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat673 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara mengatasi pening dan pusing pada ibu hamil

Sebagian besar wanita merasakan pusing atau pening selama masa kehamilan. Meskipun gejala ini umum terjadi, bunda sebaiknya menghubungi dokter bila rasa pening disertai dengan rasa sakit di daerah panggul, pandangan kabur, tubuh menggigil, sakit kepala, atau rasa mual.

Rasa pening pada masa kehamilan bisa disebabkan berbagai hal. Volume darah yang meningkat selama masa kehamilan membuat sistem kardiovaskular bekerja lebih keras. Jantung harus memompa darah lebih keras untuk memastikan darah sampai ke otak. Namun, kadangkala jantung gagal memompa darah yang cukup ke otak, misalnya pada saat bunda berdiri tiba-tiba atau ketika bangkit dari duduk.

Baca juga: Waspadai gejala cyctic fibrosis pada bayi

Kondisi ini menyebabkan gangguan yang disebut hipotensi postural dan seringkali membuat kepala bunda terasa pening. Rasa pening juga sering muncul apabila level gula darah bunda sedang rendah, bila jumlah zat besi dalam tubuh sedang rendah, ketika dehidrasi, atau saat bunda kepanasan.

Cara menghindari pening saat hamil

Untuk menghindari pening selama kehamilan, yang terpenting adalah menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi kegiatan, terutama yang berat selama kehamilan. Berikut adalah beberapa tips agar bunda terhindar dari sensasi pening yang menganggu:

1. Hindari bergerak terlalu cepat. Seperti dijelaskan sebelumnya, selama kehamilan kerja sistem kardiovaskular menjadi lebih berat. Karenanya usahakan untuk tidak bangkit secara tiba-tiba dari posisi duduk atau berbaring, atau mengangkat benda-benda berat.

2. Cukup makan. Salah satu yang terpenting adalah menjaga asupan makanan. Selama kehamilan pastikan untuk makan lebih teratur dibanding sebelumnya. Usahakan untuk tidak melewatkan sarapan, makan siang, dan makan malam. Makan juga beberapa camilan sehat diantara waktu tersebut.

Baca juga: Inilah porsi ideal makanan bayi

3. Pilih cemilan sehat. Jangan mengkonsumsi terlalu banyak camilan yang mengandung banyak gula atau garam. Ganti dengan camilan berprotein karena dapat menstabilkan gula darah.

4. Cukup minum air. Biasakan membawa sebotol air minum kemanapun bunda pergi. Pada masa kehamilan tubuh bunda lebih mudah mengalami dehidrasi, sehingga bisa menimbulkan rasa pening. Pastikan bunda mendapatkan setidaknya 8 gelas air setiap harinya.

5. Pakaian yang nyaman. Ketika hamil suhu tubuh lebih mudah meningkat. Karenanya gunakan pakaian dari bahan yang sifatnya dingin, mudah menyerap keringat, dan nyaman dikenakan. Bunda juga bisa menggunakan pakaian yang berlapis, sehingga bisa dilepas sebagian ketika cuaca mulai panas.

Mengatasi rasa pening pada masa kehamilan

Rasa pening adalah masalah umum selama masa kehamilan dan biasanya akan berlalu setelah beberapa menit. Bila bunda memiliki masalah dengan rasa pening akut, bunda bisa menghubungi dokter. Atau, coba beberapa tips di bawah ini.

Baca juga: Tanda saat bayi mengalami dehidrasi

  • Kurangnya aliran darah ke otak biasanya menyebabkan pening. Karenanya, duduk dan letakkan kepala di antara kedua lutut untuk melancarkan peredaran darah ke kepala.
  • Berbaring pada sisi tubuh sebelah kiri. Berbaring menghadap ke kiri bisa membantu kinerja jantung memompa darah ke seluruh tubuh.
  • Bila bunda belum bisa makan besar saat tiba waktu makan, segeralah mencari camilan sehat untuk meningkatkan level gula darah.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru