09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Mencegah dan mengatasi wasir atau ambeien saat hamil

KategoriKehamilan
Di lihat435 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berikut adalah cara mencegah dan mengatasi wasir atau ambeien selama hamil

Wasir atau ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah balik di anus dan poros usus. Sekalipun tidak semua wanita hamil mengalami susah buang air besar hingga menyebabkan wasir, gangguan ini sangat umum terjadi selama masa kehamilan. Mengapa banyak wanita hamil yang mengalami wasir? Berikut beberapa penjelasannya.

Baca juga: 5 Cara melatih bayi agar cepat bisa bicara

Penyebab wasir pada ibu hamil

1. Kadar hormon progesteron yang tinggi pada masa kehamilan. Kadar beberapa hormon akan meningkat dalam tubuh selama masa kehamilan, salah satunya progesteron. Hormon ini sangat penting untuk mempertahankan janin di dalam uterus. Akan tetapi, hormon ini juga menghambat gerak peristaltik otot-otot di sistem pencernaan sehingga sering menyebabkan terjadinya sembelit pada masa kehamilan. Sembelit inilah yang pada akhirnya menimbulkan gangguan wasir atau ambeien.

2. Pertumbuhan janin. Seiring pertumbuhan janin yang kian besar, pembuluh-pembuluh darah di sekitar perut dan panggul akan tertekan. Hal ini bisa mengganggu peredaran darah di sekitar area tersebut. Selain itu, rahim dan lambung akan menjadi saling berimpitan. Akibatnya, bila sedikit saja terjadi dorongan di daerah anus, misalnya ketika mengejan pada saat BAB, pembuluh darah pada daerah tersebut bisa pecah dan menyebabkan wasir.

3. Kurang konsumsi serat. Kurang serat bisa menyebabkan sembelit yang pada akhirnya bisa berakibat terjadinya wasir.

Baca juga: Menangani bayi yang mengalami kondisi kuning

Tips redakan sakit wasir saat hamil

Wasir selama masa kehamilan memang menyiksa. Beberapa tips berikut dapat mengurangi rasa sakit karena wasir ketika hamil.

1. Rendam di air hangat. Isi bak dengan air hangat tanpa tambahan lain kemudian rendam bagian yang terkena wasir beberapa kali sehari. Cara ini efektif mengurangi rasa sakit akibat wasir.

2. Hindari duduk terlalu lama. Posisi duduk memberikan tekanan pada area sekitar anus dan rektum. Usahakan jangan duduk terlalu lama. Bila mungkin, selingi duduk dengan berbaring pada sisi tubuh atau berdiri.

3. Gunakan obat pereda wasir. Mintalah resep krim pereda wasir atau obat-obatan lain yang aman digunakan selama kehamilan pada tenaga kesehatan yang merawat bunda. Akan tetapi, ingatlah bahwa krim pereda wasir hanya berfungsi mengurangi rasa sakit, bukan menyembuhkan wasir.

Cara mencegah wasir pada ibu hamil

Baca juga: Tips tepat menyimpan ASI untuk si buah hati

Tips-tips di atas bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit akibat wasir. Sedangkan untuk mengobati atau mencegah wasir, cara-cara berikut bisa dicoba.

  • Masukkan makanan berserat dalam jumlah yang cukup pada menu harian bunda.
  • Perbanyak minum air putih atau cairan sehat yang lain. Lebih baik lagi bila bunda juga mengkonsumsi yogurth atau susu fermentasi. Kedua minuman ini bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.
  • Lakukan aktivitas fisik setiap hari, misalnya berolahraga ringan setiap pagi atau sore hari.
  • Hindari mengejan ketika buang air besar karena dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar anus dan poros usus pecah. Hal ini bisa memperparah wasir.
  • Mintalah resep suplemen fiber atau pelancar BAB yang aman untuk ibu hamil pada dokter yang merawat bunda.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru