09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Mengajarkan si kecil cuci tangan dengan benar

KategoriPrilaku
Di lihat864 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips cuci tangan untuk si kecil

Mencuci secara dengan rutin dan benar dapat mengurangi resiko terkena penyakit serta membatasi penyebaran sumber penyakit seperti bakteri, virus, dan mikroorganisme lainya melalui sentuhan. Untuk hasil yang maksimal, mencuci tangan harus menggunakan air bersih dan sabun. Mengusap tangan menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol (hand sanitizer) dapat juga menghilangkan kuman sumber penyakit pada tangan.

Balita bunda yang sudah bisa merangkak atau berjalan, dia akan meraih dan memegang benda-benda disekitarnya. Si kecil belum bisa membedakan bersih dan kotor, apa yang menarik perhatiannya akan dia pegang. Benda-benda yang dipegang si kecil sangat mungkin memiliki kuman yang akan pindah ketangan si kecil. Pada saat dia memasukan tangan ke mulut, memegang hidung, atau mengucek mata, sumber penyakit dari tangan dapat masuk ke tubuh si kecil dan menimbulkan penyakit.

Kapan si kecil harus cuci tangan?

  • Pada saat balita bunda makan, biasanya dia sudah mulai mau makan pakai tangan sendiri. Membiasakan cuci tangan sebelum makan sangat direkomendasikan dokter.
  • Setelah bermain seharian, meski didalam rumah, biasakan mencuci tangan dan kaki sebelum pergi tidur.
  • Biasakan si kecil belajar cuci tangan setelah keluar dari kamar mandi. Meski dia belum cebok sendiri, membiasakan cuci tangan setelah dari kamar mandi adalah kebiasaan yang bagus.
  • Jika si kecil bermain dengan hewan peliharaan seperti kucing, biasakan mencuci tangan setelahnya.
  • Si kecil yang beraktifitas diluar entah itu bermain di play group atau dari rumah sodara, sebaiknya cuci tangan dan kakinya sebelum beraktifitas lebih lanjut dirumah. Anak-anak yang mengikuti arena bermain atau day care biasanya lebih berisiko terkena penyakit pada sistem pernafasan atau pencernaan mereka.

Cara mencuci tangan yang benar

  • Basahi tangan si kecil menggunakan air mengalir
  • Berikan sabun secukupnya, gosok tangan sampai semua permukaan tangan termasuk bagian punggung tangan tersapu sabun selama setidaknya 20 detik. Pastikan sabun mengenai sela-sela jari sampai pergelangan tangan.
  • Akhiri dengan membasuh tangan menggunakan air bersih yang mengalir sampai tangan terasa kesat.
  • Keringkan tangan menggunakan handuk bersih atau kertas tissue

Perlukah menggunakan sabun antiseptik?

Menurut pakar kesehatan kulit Dr. Amaranila Arijono SpKK., mencuci tangan menggunakan sabun biasa sudah bisa menyingkirkan kuman penyebab penyakit dari tangan si kecil. Beberapa ahli malah tidak merekomendasikan penggunaan sabun dengan label mengandung antiseptik dengan alasan berpotensi menjadikan bakteri kebal terhadap zat antiseptik dikemudian hari.

Mencuci tangan secara teratur setelah aktifitas sebagaimana disebutkan diatas dapat menurunkan resiko terkena penyakit terutama yang berhubungan dengan diare dan infeksi kulit.

Tips agar si kecil mau cuci tangan

Namanya juga anak-anak, kadang mereka menolak jika diminta mencuci tangan setelah bermain. Berikan pengertian oleh Bunda mengenai manfaat cuci tangan. Sediakan jenis sabun yang menarik misalnya dengan warna dan aroma kesukaan si kecil.

Berikan apresiasi berupa pujian atau pelukan setelah si kecil cuci tangan, dan yang paling penting tunjukan contoh dari dari Ayah Bunda.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru