09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Mengatasi 5 masalah kulit yang umum terjadi saat hamil

KategoriKehamilan
Di lihat773 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara mengatasi berbagai gangguan kulit saat hamil

Beberapa masalah kulit selama masa kehamilan cukup umum terjadi. Untungnya, kondisi tersebut pada umumnya tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya setelah bayi lahir. Berikut adalah beberapa masalah kulit yang mungkin bunda hadapi pada masa kehamilan.

1. Chloasma

Chloasma adalah suatu kondisi dimana muncul bercak coklat dari pigmen di daerah dahi, pipi, dan leher. Gangguan ini disebabkan oleh meningkatnya produksi melanin selama masa kehamilan. Sengatan sinar matahari bisa membuat bercak tersebut lebih gelap dan semakin terlihat.

Baca juga: Cara sederhana melatih kecerdasan si kecil

Karenanya, gunakan tabir surya yang mengandung SPF15 dan gunakan pelindung seperti topi atau payung ketika keluar rumah. Pastikan juga bunda mengkonsumsi cukup asam folat setiap hari karena asam folat bisa mencegah gangguan pigmentasi pada kulit. Bercak tersebut biasanya akan mulai menghilang memasuki bulan ketiga setelah kelahiran si kecil.

2. Jerawat

Hormon kehamilan terkadang memicu munculnya jerawat melalui peningkatan produksi sebum (minyak yang membuat kulit terasa lemas) sehingga ia mungkin menyumbat pori-pori dan membuat kulit berminyak. Hindari memencet jerawat karena bisa memperluas infeksi dan menimbulkan bekas jerawat.

Untuk mengatasinya, bersihkan wajah secara teratur menggunakan pembersih yang bebas sabun karena sabun bisa membuat kulit jadi lebih kering. Untuk mencegah infeksi, jangan menggosok wajah ketika mengeringkannya, tapi keringkan dengan cara ditepuk-tepuk. Jerawat pada wajah biasanya mulai menghilang beberapa minggu setelah kelahiran si buah hati.

Baca juga: 7 cara bijak mendisiplinkan si kecil

3. Stretch marks

Stretch marks adalah garis-garis kemerahan atau kecoklatan yang biasa muncul pada daerah perut, dada, atau paha ibu hamil. Gangguan ini muncul karena kulit meregang akibat kenaikan berat badan yang ibu hamil alami selama kehamilan. Stretch marks adalah gangguan yang sangat umum dialami wanita hamil (sekitar 90% wanita hamil mengalaminya).

Setelah kelahiran si kecil, warna merah atau coklat dari stretch marks akan semakin menghilang hingga akhirnya garis-garis tersebut akan berwarna lebih terang daripada kulit sekitarnya. Garis-garis tersebut biasanya akan hilang setelah beberapa waktu. Untuk mengurangi stretch marks, lakukan olahraga ringan setiap hari, konsumsi makanan bernutrisi seimbang, dan oleskan cream yang mengandung vitamin E di daerah yang mengalami stretch marks untuk membuatnya tetap lemas.

4. Kulit sensitif dan iritasi

Kulit sensitif adalah salah satu masalah yang paling umum terjadi pada masa kehamilan. Hal ini disebabkan peningkatan kadar hormon serta kulit yang semakin meregang dan rentan selama kehamilan sehingga kulit rawan terkena iritasi. Iritasi tersebut bisa dipicu oleh sabun atau deterjen yang tertinggal pada pakaian. Selain itu, masalah kulit semisal eksim juga mungkin menjadi lebih parah dan kulit terasa lebih perih ketika tersengat sinar matahari.

Cobalah untuk menemukan pemicu iritasi yang terjadi pada kulit bunda, apakah ia sabun, deterjen, atau pelembut pakaian yang bunda gunakan. Hindari pula menggunakan pakaian dari bahan sintetis karena bisa menyebabkan ruam. Gunakan pakaian yang longgar dan jagalah supaya kulit tetap sejuk dan lembab.

Baca juga: Tips agar si kecil bisa cepat jalan

5. Ruam dan gatal-gatal

Ruam dan gatal-gatal sangat umum terjadi selama kehamilan, bahkan ia mungkin datang dan pergi tanpa penyebab yang jelas. Peningkatan hormon membuat kulit ekstra-sensitif sehingga ruam dan gatal-gatal bisa dipicu oleh zat-zat yang sebelum kehamilan tidak menimbulkan dampak negatif, misalnya chlorin pada air.Untuk itu, gunakan pakaian yang dingin dan longgar serta oleskan lotion calamine pada bagian yang gatal atau terkena ruam. Bila gatal-gatal dan ruam terjadi lebih dari 2 hari, segera hubungi dokter.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru