09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Mengenal bayi bunda di 4 pekan pertama

KategoriBayi
Di lihat3551 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

kemampuan bayi di usia 1 bulan pertama

Sesaat setelah si kecil lahir, semua berbahagia terutama ayah dan bunda. Namun bagaimana selanjutnya? Apa yang harus dilakukan? Apa-apa saja yang boleh dan apa yang tidak boleh bagi si buah hati?

Menjadi orang tua, apa lagi untuk yang pertama memang tidak mudah namun berita baiknya semua bisa dipelajari. Meski si kecil terlahir tanpa buku manual, seiring dengan waktu ayah bunda akan memahami bagaimana membesarkan dan mendidik si kecil dengan tepat.

Baca juga: Tips memilih pastagigi si kakak

Kemampuan si mungil: 0-4 Pekan pertama

Di pekan-pekan pertama pasca kelahiran, si kecil hanya bisa menangis, tidur, minum ASI, dan puup. Selain itu, belum banyak yang bisa mereka lakukan. Berikut adalah kemampuan umum yang dimiliki oleh bayi di usia 4 pekan pertama:

1. Mata mereka belum bekerja secara maksimal. Di usia tersebut jarak pandang mereka hanya berkisar 20-30 cm dengan citra yang masih hitam-putih. Ini artinya wajah bunda saat menyusui mereka adalah posisi ideal untuk mereka lihat dengan cukup jelas.

2. Mereka belum bisa menunjukan beragam ekspresi wajah sehingga ayah bunda tidak bisa menebak apa yang mereka inginkan.

3. Mereka akan merespon suara lembut ayah bunda dengan gerakan tubuh. Ayah bunda bisa mencoba berbicara lembut, mereka akan meresponnya dengan menggerakan anggota badanya.

Baca juga: Rahasia menumbuhkan anak cerdas

4. Jika ayah bunda menyentuhkan jari dipipi si mungil, mulutnya akan mendekati jari ayah bunda dengan gerakan menghisap. Ini adalah gerak refleks bawaan si kecil yang berfungsi membantu mereka minum ASI

5. Jika mereka merasa ditinggal, misalnya saat bunda meletakan si kecil dari gendongan, mereka akan merentangkan tangan dan kakinya serta mulai menangis (kecuali saat mereka tertidur J).

Kondisi bayi dalam 1 bulan pertama

  • Dipekan pertama paska kelahiran berat badan si kecil biasanya turun sekitar 10 persen dan akan kembali seperti berat semula dalam waktu sekitar 14 harian.
  • Mulai usia satu bulan mata mereka mereka sudah bisa fokus dengan objek yang dilihatnya
  • Di pekan kedua sampai ketiga mereka bisa mengalami muntah, hal ini terjadi karena organ pencernaan mereka masih belum sempurna sehingga ASI yang diminum dapat keluar kembali.
  • Ayah bunda mulai dapat melihat senyum mereka yang menakjubkan diusia enam pekanan.

Baca juga: 5 Cara alami mengatasi susah BAB si kecil

Pola tidur dan jadwal ASI bayi

  • Umumnya si kecil akan tertidur selama total kurang lebih 17 jam sehari. Mereka biasanya akan terbangun setiap 1-2 jam untuk minum ASI. Diusia ini mereka belum mempunyai pola tidur siang malam sebagaimana ayah bunda jadi mereka bisa bangun kapan saja saat mereka lapar atau saat merasa terganggu.
  • Setelah minum ASI berikan mereka kesempatan untuk ‘bermain’ dengan cara meletakan mereka dikasur atau dipangkuan. Stimulus mereka dengan suara dan sentuhan lembut ayah bunda.

Setelah puas minum ASI dan bermain, ayah bunda dapat menidurkan si kecil. Gunakan kain katun lembut untuk mem-bedong mereka agar mereka merasa aman. Hindari suara-suara keras karena dapat mengagetkan mereka.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru