09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Mengenal hyperemesis gravidarum dan cara mengatasinya

KategoriKehamilan
Di lihat673 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

mual dan muntah yang teramat parah saat hamil harus segera ditangani, jika tidak dapat mengganggu petumbuhan si janin

Wanita hamil, terutama pada 3 bulan pertama biasanya mengalami perasaan mual dan muntah yang sering disebut morning sickness. Kondisi ini adalah hal wajar dan tidak berbahaya bagi bunda maupun janin. Akan tetapi, terkadang wanita hamil mengalami mual dan muntah yang hebat, atau sering disebut hyperemesis gravidarum (HG).

Hyperemesis gravidarum bisa membuat wanita hamil merasa lemas hingga sulit beraktivitas. Muntah yang terus-menerus juga bisa membuat kita sulit mendapat cukup nutrisi sehingga menyebabkan dehidrasi dan penurunan berat badan. Kondisi demikian bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin karena janin tidak mendapat cukup nutrisi yang dibutuhkannya. Karena itu, dokter biasanya melakukan tindakan khusus untuk mengatasi hyperemesis gravidarum.

Baca juga: 4 Jenis olahraga pembakar lemak pasca persalinan

Semakin cepat ditangani, semakin besar kemungkinan gangguan ini akan dapat diatasi dan tidak bertambah parah. Dokter biasanya melakukan pemeriksaan urin dan pemeriksaan darah untuk melihat kemungkinan adanya gangguan lain yang menyebabkan mual dan muntah.

Bila mual dan muntah sangat parah, dokter mungkin meresepkan obat-obatan untuk mengatasi rasa mual yang aman bagi janin. Setelah itu kondisi ibu hamil akan diamati selama beberapa hari. Bila pemberian obat-obatan tersebut belum menunjukkan hasil positif dokter mungkin meresepkan obat-obatan lain.

Setelah pemberian obat-obatan tersebut, kondisi bunda akan terus dipantau. Bila pemberian obat-obatan dinilai belum efektif dan bunda masih merasa sangat mual dan sering muntah, biasanya dokter akan merekomendasikan bunda untuk dirawat di rumah sakit. Di rumah sakit kita akan memperoleh asupan vitamin, mineral, dan cairan melalui infus. Obat-obatan untuk mengatasi mual dan muntah masih akan diberikan, baik melalui infus maupun melalui injeksi.

Baca juga: 5 Fakta yang mengungkap pentingnya tidur bagi si kecil

Tips mengurangi rasa mual saat hamil

Ada beberapa tips sederhana yang dinilai efektif untuk mengurangi rasa mual dan muntah, misalnya:

1. Makanlah makanan yang kering dan tidak beraroma tajam (misalnya cracker atau roti bakar) dan minuman hangat begitu bangun tidur sebelum beranjak dari tempat tidur dan mulai beraktivitas. Jangan terburu-buru dan bangunlah dari tempat tidur pelan-pelan saja.

2. Mengkonsumsi makanan berprotein selama kehamilan, seperti telur, susu, kacang-kacangan, irisan daging, dan sebagainya.

3. Makanlah makanan dalam kondisi dingin karena makanan dingin biasanya tidak beraroma menyengat.

4. Hindari perut kosong dengan makan dalam porsi kecil beberapa kali dalam sehari. Lebih baik lagi bila kita mengkonsumsi camilan sehat di antara waktu makan tersebut.

Baca juga: Informasi nutrisi bagi ibu menyusui

5. Hindari bau-bauan yang tajam karena bau-bauan seringkali memicu morning sickness. Kenali bau-bauan yang seringkali membuat bunda merasa mual.

6. Minum banyak air putih dan minuman lainnya di antara waktu makan, dan cobalah ramuan sederhana campuran air jahe dan madu. Bunda juga bisa mencoba meminum teh jahe atau teh yang dicampur perasan jeruk lemon. Campuran ini dipercaya dapat mengurangi rasa mual dan muntah.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru