09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Mengenal jenis termometer pengukur panas si kecil

KategoriPerangkat
Di lihat1248 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

mengenal jenis termometer untuk anak

Jika si kecil keningnya mulai terasa hangat, apalagi disertai dengan rewel atau gejala-gejala sakit seperti hidung meler, mata berair, atau batuk, saatnya Ayah Bunda mengukur suhu tubuh di kecil menggunakan termometer. Mengukur suhu tubuh si kecil menggunakan termometer tentu bukanlah hal yang sulit, namun demikian mungkin ada beberapa pertanyaan di benak Ayah Bunda, termometer jenis apa yang paling baik dan akurat untuk pengukuran suhu tubuh?

Alat pengukur suhu tubuh alias termometer memang ada beberapa jenis, masing-masing berbeda dari segi bahan, cara penggunaan, sensitivitas, dan tentusaja harganya. Lalu, jika Ayah Bunda bermaksud membeli termometer, jenis dan tipe apa yang sebaiknya dipilih? Dibawah adalah jenis termometer pengukur suhu tubuh si kecil ya ada dipasaran.

Jenis termometer pengukur suhu tubuh si kecil

1. Termometer raksa. Jaman dahulu termometer jenis ini sangat populer dan banyak digunakan di rumah-rumah, namun jenis ini sekarang sudah jarang ditemui. Para ahli tidak merekomendasikan termometer ini karena bahannya yang terbuat dari kaca rawan pecah dan air raksa yang ada didalamnya bersifat racun ketika uapnya terhirup.

2. Termometer digital. Jenis pengukur suhu tubuh ini menggunakan rangkaian elektronik dan sensor pengukur panas untuk mengukur suhu tubuh. Jenis termometer ini direkomendasikan selalu ada di kotak P3K di rumah Ayah Bunda. Alat ini dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh sikecil lewat ketiak, mulut, atau anus dengan cukup akurat.

3. Termometer telinga digital. Harga termometer jenis ini biasanya cukup mahal, bekerja menggunakan cahaya inframerah untuk mengukur suhu didalam rongga telinga. Dengan penggunaan yang tepat, alat ini dilkaim dapat mengukur suhu tubuh sikecil dengan cepat dan lebih akurat. Alat ini dilengkapi dengan layar digital untuk membaca suhu yang terdeteksi.

4. Termometer hisap digital. Bentuk termometer ini mirip empeng bayi, jadi sikecil cukup menghisap sensor termometernya untuk mengetahui suhu tubuhnya. Panel digital akan menunjukan angka suhu yang terukur.

5. Termometer pengukur suhu kening. Mirip dengan termometer telinga, alat ini menggunakan sinar infra merah untuk mengukur suhu pembuluh darah pada bagian pinggir kening si kecil. Dibandingkan dengan jenis termometer sebelumnya, jenis pengukur suhu kening ini lebih jarang ditemukan di pasar.

6. Termometer strip. Berbeda dengan tipe sebelumnya, thermometer jenis ini mirip lembaran kertas dengan sensor cairan kristal yang dapat bereaksi terhadap panas. Si sensor Kristal ini akan berubah warna sesuai dengan suhu yang terukur. Alat pengukur suhu ini jarang digunakan karena dinilai kurang akurat.

Tips keamanan

Jenis apapun thermometer yang Ayah Bunda gunakan, selalu baca aturan pakainya terlebih dahulu. Ikuti panduan prnggunaanya secara benar untuk hasil pengukuran yang akurat. Selalu bersihkan ujung sensor menggunakan alkohol 70 persen atau air hangat sebelum dan sesudah penggunaan termometer.

Pastikan Ayah Bunda menggunakan termometeer yang berbeda untuk pengukuran melalui mulut dan anus. Beri label masing-masing alat dan simpat di tempat terpisah agar tidak tertukar. Simpan thermometer di tempat khusus seperti kotak P3K atau lemari yang jauh dari akses si kecil. Jika Ayah Bunda menggunakan thermometer digital, pastikan batrai dalam keadaan bagus sehingga hasil pengukuran terjamin keakuratanya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru