09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Mengenal lebih dekat si buah hati diusia 14 bulan

KategoriParenting
Di lihat1474 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

skil dan kemampuan anak bayi usia 14 bulan

Pada usia 14 bulan si kecil sudah mulai beralih dari ASI atau susu formula ke makanan semi padat. Pada usia ini anak perlu dikenalkan kepada bermacam-macam makanan untuk mendapatkan gizi yang seimbang. Jangan membatasi jenis makanan yang boleh dimakan si kecil, kecuali makanan manis dan junk food yang hanya boleh dimakan sesekali saja. Makanan ber-label junk food biasanya tinggi kandungan kalori namun miskin nutrisi. Membiasakan si kecil mengkonsumsi junk food dapat menyebabkan kegemukan berlebih dan gangguan kesehatan jangka panjang lainya.

Baca juga: Tips memilih pasta gigi anak

Tips nutrisi anak usia 14 bulan

Berikut beberapa tips terkait pemenuhan gizi si kecil pada usia ini:

1. Kenalkan si kecil pada beragam sayuran, buah-buahan, da makanan-makanan sehat lainnya karena saat ini kuncup pengecapnya sedang berkembang. Akan tetapi, jangan berikan dulu buah-buahan yang beralkohol, seperti durian dan nangka karena pencernaannya masih belum cukup kuat.

2. Mulai saat ini si kecil sudah bisa diperkenalkan pada makanan keluarga secara bertahap, mulai dari makanan-makanan yang lembut dulu. Perkenalkan makanan tinggi karbohidrat, seperti nasi lembek, kentang, biskuit bayi, atau jagung. Hidangkan juga sumber protein hewani dan nabati secara seimbang.

3. Pada usia ini si kecil akan mulai tertarik untuk makan sendiri. Biarkan saja dan jangan takut ia mengotori meja makan, lantai, ataupun pakaianannya. Hal ini penting untuk menanamkan kemandirian pada si buah hati.

4. Selalu siapkan camilan sehat bila ayah dan bunda keluar rumah bersama si kecil, misalnya jeruk atau cracker gandum.

Baca juga: Tips mengoptimalkan imunitas si kecil

Kemampuan bicara diusia 14 bulan

Pada usia ini si kecil mulai mengenal sekitar 50 kosakata. Ia mulai dapat menggunakan kata-kata tersebut untuk menyampaikan keinginan dan perasaannya, seperti mau makan, ingin bermain, atau mengantuk. Si kecil juga mulai bisa memahami apa yang di akatakan orang-orang di sekelilingnya, sehingga bisa merespon bila diajak bicara dengan kata-kata yang sederhana. Bunda juga sudah tidak perlu berbicara dengan nada suara yang tinggi karena ia mulai bisa memahami kata-kata bunda dalam nada suara biasa. Yang penting, bicaralah dengan cara yang sederhana dan mudah dimengerti.

Akan tetapi, terkadang ia masih kesulitan menemukan kata yang tepat untuk menyampaikan pikirannya. Respon setiap yang dikatakan si kecil dengan senyuman dan bantulah ia ketika kesulitan. Bila anak laki-laki bunda sedikit lambat perkembangan bicaranya, jangan khawatir karena hal ini sangat umum terjadi. Anak perempuan memang cenderung lebih cepat belajar bicara.

Baca juga: 3 Penyakit menyeramkan yang dapat menyerang si kecil

Tips lain seputar kesehatan si kecil

  • Pada usia 14 bulan si kecil sudah bisa diajari untuk menggosok gigi secara teratur. Ajari ia menggosok gigi 2 kali sehari dengan pasta gigi khusus anak sebesar biji kacang.
  • Untuk mencegah demam dan infeksi yang sering menjangkiti anak-anak, cuci tangan bunda, tangan si kecil, dan mainan yang biasa digunakannya secara teratur.
  • Anak berusia 14 bulan sebaiknya tidak diberi aspirin dan decongestan. Konsultasikan dulu dengan dokter bila ingin menggunakan obat-obatan untuk si kecil.

IMG Source: http://www.danamadeit.com

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru