09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Mengenal perawatan ala kanguru untuk bayi prematur

KategoriBayi
Di lihat1088 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tehnik perawatan bayi prematur ala kanguru dinilai cocok untuk mempercepat kembalinya kondisi kesehatan bayi tersebut

Bayi yang lahir prematur membutuhkan perhatian dan perawatan khusus untuk menjaganya tetap sehat. Salah satu perawatan khusus yang bisa dilakukan, tentunya  begitu ayah dan bunda diperbolehkan melakukan kontak langsung dengan bayi adalah perawatakn kontak langsung (skin-to-skin care) atau perawatan ala kanguru (kangaroo care).

Tehnik perawatan bayi ala kanguru

Skin-to-skin care atau kangaroo care adalah perlakuan khusus bagi bayi prematur yang awalnya dilakukan di beberapa rumah sakit Amerika Selatan. Perlakuan ini direkomendasikan untuk dilakukan para orang tua untuk membuat bayi merasa lebih hangat, supaya si bayi bisa meninggalkan rumah sakit lebih awal.

Baca juga: 5 ciri keterlambatan bicara pada anak

Caranya, bunda diminta menggendong bayinya dalam keadaan hanya mengenakan popok di dalam pakaian bunda supaya terjadi kontak antara kulit si mungil dengan kulit bunda. Dengan demikian bayi akan merasakan panas tubuh bunda sehingga lebih hangat. Kangaroo care memberikan berbagai manfaat bahkan meskipun hanya dilakukan selama beberapa menit setiap hari. Perlakuan ini biasanya dilakukan sejak bayi masih di rawat di unit khusus di rumah sakit.

Manfaat perawatan ala kanguru

Beberapa manfaat kangaroo care, antara lain:

  • Menghangatkan tubuh bayi prematur
  • Meningkatkan berat badan
  • Detak jantung dan pernafasan bayi prematur menjadi lebih stabil
  • Mengurangi tangisan bayi prematur
  • Mendukung proses menyusui
  • Meningkatkan kualitas tidur bayi dan mengurangi intensitas bangun di tengah malam pada bayi

Tidak hanya para ibu, para ayah juga bisa melakukan kangaroo care untuk buah hatinya. Ayah tinggal mengenakan baju yang memiliki kancing di depan kemudian duduk di kursi yang nyaman. Jangan khawatir bila si kecil akan kedinginan karena hanya menggunakan popok. Ia akan merasa cukup hangat selama menempel pada tubuh ayah karena adanya panas tubuh.

Baca juga: 6 Tips agar si buah hati nyenyak sepanjang malam

Bayi prematur juga cenderung lebih tenang dan memperoleh banyak manfaat dari perawatan ini bila tidak terganggu oleh proses mengganti popok, mengganti pakaian, atau menutup tubuh bayi dengan selimut. Karenanya, tidak perlu repot dengan itu semua. Baringkan bayi di atas tubuh dengan bagian belakang kepala menempel di dada ayah selama beberapa menit dan rasakan hubungan spesial yang terjadi antara ayah dan si buah hati.

Manfaat lain perawatan bayi ala kangguru

Selain berbagai manfaatnya bagi kesehatan bayi prematur, kangaroo care juga bermanfaat untuk memperkuat hubungan emosional antara si kecil dengan ayah dan bunda. Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang mengasyikkan baik bagi bayi prematur maupun bagi para orang tua dan dapat menghadirkan kedekatan yang istimewa bagi orang tua dan buah hatinya.

Baca juga: Resep ampuh agar si kecil tak mabuk perjalanan

Setelah kondisi bayi prematur cukup stabil dan ia sudah cukup kuat, pihak rumah sakit akan mengijinkan ayah dan bunda membawanya pulang. Setelah berada di rumah pun, perawatan bayi ala kanguru masih bisa dilakukan. Lakukan kegiatan ini selama beberapa menit setiap hari setelah mandi atau ketika si kecil baru bangun di pagi hari. Selain itu kontak antar kulit bisa juga dilakukan selama si kecil minum susu formula atau ketika bunda menyusui si kecil.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru