09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Menilik kemampuan bayi bunda di usia 5-8 minggu

KategoriBayi
Di lihat5891 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah keahlian bayi usia 5 sd 8 minggu

Setelah melewati waktu selama empat pekan, si kecil mulai mengalami banyak perkembangan. Mereka semakin aktif bergerak, menendang serta menggerakan kedua tanganya. Diusia 5-8 pekan mereka semakin pintar beradaptasi dengan lingkungan barunya, diluar perut bunda.

Selain bertambah lucu, diusia ini umumnya mereka cenderung lebih sering menangis. Disaat-saat tertentu mereka lelap tertidur tenang namun bisa tiba-tiba mereka menangis sehingga tidurnya jadi tak nyeyak. Si kecil bisa menangis karena perutnya mulai terasa lapar, saat popoknya mulai penuh, sakit, merasa tidak nyaman, atau saat mereka merasa kesepian.

Baca juga: Tips mengatasi mata belekan pada bayi & balita

Diusia 5-8 minggu, interaksi positif ayah bunda dengan si mungil dapat dilakukan lebih intens karena mereka sudah mulai memahami dan merespon keberadaan orang disekitarnya. Lebih lanjut berikut adalah beberapa kemahiran si kecil saat usia mereka mulai menginjak 1-2 bulan.

Kemampuan bayi diusia 5-8 pekan

1. Saat usia mereka menginjak 6 pekan, biasanya konsumsi ASI akan meningkat tajam dibanding usia sebelumnya. Dalam rentang waktu tersebut, muntah ASI yang juga dikenal dengan istilah gumoh umum terjadi. Orang tua kita sering mengajari supaya setelah minum ASI si kecil diletakan di dada kiri atau kanan bunda dengan posisi kepala si bayi dibagian bundak bunda sambil punggungnya ditepuk lembut.

2. Tulang kepala mereka mulai mengeras dan bentuk kepala semakin rigid. Bagian ubun-ubun kepalanya mulai menutup namun tidak akan sempurna tertutup sebelum usia mereka menginjak 18 bulanan.

3. Mereka lebih sering tersenyum, mereka juga mulai melakukan kontak mata dengan orang disekitarnya, dan sudah bisa mengerak-gerakan mulutnya.

Baca juga: Mengenal manfaat probiotik bagi si kecil

4. Mata mereka lebih fokus dan mulai tertarik dengan objek disekelilingnya. Tangan dan kakinya aktif bergerak meski dengan pola masih acak.

5. Genggaman tangan mereka semakin kuat dan mulai berusaha menggapai benda yang menarik perhatianya.
Mereka mulai merespon suara ayah bunda dengan suara-suara khas bayi.

6. Si kecil mulai merespon keberadaan orang disekitarnya.

7. Leher mereka semakin kuat namun masih belum bisa menopang kepalanya tanpa bantuan dukungan tangan ayah bunda. Leher si mungil mulai mampu menopang kepalanya saat usia mereka menginjak 4 bulan.

8. Puup mereka mulai berwarna kuning atau kecoklatan

Baca juga: 9 Tips alami redakan pilek si buah hati

Pola makan dan tidur bayi diusia 5-8 minggu

  • Mereka umumnya lelap tidur selama beberapa jam disiang hari dan tidur dengan interval lebih lama dimalam hari. Disiang hari umumnya mereka akan tertidur dengan interval 1-2 jam sebelum mereka terbangun sendiri karena lapar.
  • Tanda-tanda letih semakin jelas diusia ini, termasuk diantaranya adalah mengerutkan dahi, memalingkan kepala dari bunda, menyentak-nyentakan anggota tubuh, atau mengepalkan telapak tangan.
  • Diusia 8 minggu, umumnya mereka minum ASI setidaknya 6 kali dalam 24 jam. Biasanya mereka lebih sering minum ASI saat sore hari sampai menjelang malam. Tanda-tanda mereka mendapatkan cukup ASI adalah berat badan mereka naik sekitar 150 – 200 gram per pekan, aktif bergerak, dan mereka kurang lebih 6 kali pipis dengan warna putih atau putih kekuningan.

Img source: http://babblife.blogspot.com/

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru