09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Merawat kesehatan bayi prematur paska kelahirannya

KategoriBayi
Di lihat486 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips merawat bayi prematur

Saat seorang bayi lahir prematur, ia menghadapi berbagai tantangan sebagai efek dari kelahirannya yang terlalu awal. Namun, dengan kasih sayang dan perawatan intensif dari ayah, bunda, serta dukungan dari tenaga kesehatan berpengalaman, kelahiran prematur tidak akan menjadi masalah.

Istilah prematur digunakan untuk menggambarkan bayi yang lahir sebelum 37 minggu masa kehamilan.  Bayi yang lahir prematur biasanya memiliki lapisan lemak yang lebih sedikit di tubuhnya daripada bayi lain. Dampaknya, ia akan mudah kedinginan. Tangisannya biasanya lebih pelan dan mungkin mengalami gangguan pernafasan. Bayi yang lahir prematur juga lebih rawan komplikasi dan gangguan lain, seperti jaundice (penyakit kuning), rendahnya level gula darah, dan kurangnya sel darah merah.

Baca juga: Manfaat jus buah dan sayur bagi si kecil

Merawat bayi prematur

Beberapa bayi yang lahir prematur mengalami keterlambatan pada perkembangannya, baik motorik, behavioral, psikologi, dan masalah kesehatan kronis. Akan tetapi, ayah dan bunda tidak perlu khawatir sebab banyak sekali bayi prematur yang berhasil melewati masa-masa sulit dan menjalani kehidupan normal di kemudian hari.

Untuk merawat bayi prematur yang baru saja lahir, rumah sakit biasanya telah menyediakan berbagai layanan kesehatan. Pada kasus-kasus tertentu, bayi akan dirujuk ke rumah sakit lain yang bisa menyediakan pelayanan yang diperlukan. Peran orang tua juga sangat krusial dalam menjaga kesehatan bayi yang lahir prematur.

1. Cari tahu kondisi bayi. Ketidakpastian mengenai kondisi kesehatan si kecil pasti membuat ayah dan bunda khawatir. Karenanya, catat setiap pertanyaan dan tanyakan kepada dokter yang merawat si kecil ketika ayah dan bunda mengunjungi mereka untuk sesi pemeriksaan rutin. Baca juga setiap laporan pemeriksaan dari rumah sakit, tanyakan pada dokter apa yang tidak difahami atau amati sendiri keadaan si kecil dan cari referensi berkaitan dengan kelahiran prematur. Informasi yang cukup bisa memudahkan ayah dan bunda dalam merawat si buah hati.

2. Laporkan hasil pengamatan. Langsung laporkan setiap perubahan pada kondisi si kecil kepada dokter dan tenaga kesehatan lain yang merawatnya.

Baca juga: Perlukan balita mengkonsumsi vitamin D

3. Sediakan ASI. Sekalipun bayi yang lahir prematur biasanya memiliki kesulitan untuk menghisap ASI ataupun minum dari botol, ASI bisa diberikan lewat cara lain atau dibekukan untuk penggunaan di masa selanjutnya. ASI mengandung protein dan berbagai nutrisi yang dapat melawan infeksi dan mendukung pertumbuhan. Karena itu, peraslah ASI 6 hingga 8 kali sehari. Konsultasikan juga dengan dokter apakah si kecil membutuhkan ASI atau susu formula khusus.

4. Temani bayi prematur. Habiskan banyak waktu untuk menemani si kecil. Ajak dia bicara dengan suara yang lembut dan penuh kasih, dan sering-seringlah menyentuhnya dengan lembut. Ayah dan bunda juga bisa membacakan buku untuk mempererat iakatan dengan si kecil. Lebih baik lagi apabila ayah atau bunda bisa menggendongnya dan memeluknya di balik pakaian supaya terjadi kontak langsung antara kulit si kecil dan orang tua. Sekalipun tidak mudah, belajarlah menyusui, mengganti popok, dan menenangkan bayi begitu kondisi memungkinkan.

Jaga kesehatan ayah bunda

Bukan hanya si kecil yang harus dijaga kesehatan dan kondisi psikisnya, melainkan juga ayah dan bunda. Karena itu, usahakan istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan mintalah bantuan dan dukungan moril dari keluarga dan orang-orang terdekat bila diperlukan.

Baca juga: Alternatif makanan pendamping ASI untuk si kecil

Untuk menghadapi masa-masa yang berat ini baik ayah dan bunda pasti membutuhkan dukungan dari pasangan. Yakinlah bahwa baik ayah dan bunda pasti menghendaki dan mengusahakan yang terbaik bagi si kecil. Bila ayah atau bunda merasa mengalami tekanan atau merasa kesulitan dalam merawat si kecil, jangan ragu untuk menghubungi ahli.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru