09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Mimpi buruk pada anak balita dan cara mencegahnya

KategoriParenting
Di lihat1952 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips mengatasi mimpi buruk si kecil

Semua orang tua pasti ingin putra-putrinya bisa tidur dengan nyenyak di malam hari.  Sayangnya, balita terkadang mengalami mimpi buruk yang membut kenyamanan tidurnya sering terganggu. Kecuali si buah hati telah cukup besar untuk menceritakan mimpinya pada ayah dan bunda, cukup sulit mengenali apakah gangguan tidur si kecil berkaitan dengan mimpi buruk atau karena sebab lain.

Balita memang kadang terbangun di malam hari dan membutuhkan kedua orang tuanya untuk menenangkannya hingga dapat kembali tidur. Pada kesempatan lain, si kecil mungkin terbangun karena sakit.

Baca juga: 5 Aspek nutrisi penentu kecerdasan si kecil

Bila si kecil yang biasanya tidur nyenyak tiba-tiba terbangun di malam hari (biasanya pada pertengahan terakhir malam), menangis, tampak ketakutan dan tidak ingin berpisah dari ayah dan bunda, serta sulit untuk kembali tidur, maka ia mungkin mengalami mimpi buruk.

Mengapa balita mengalami mimpi buruk?

Mimpi buruk biasanya terjadi karena peristiwa-peristiwa yang terjadi menjelang tidur, misalnya setelah si kecil mendengarkan cerita seram atau menonton acara horor di televisi. Mimpi buruk juga bisa terjadi karena stres, misalnya karena si kecil harus tidur sendirian tanpa ditemani atau karena kondisi kesehatan si kecil sedang tidak baik.

Akan tetapi, bunda tidak perlu khawatir karena mimpi buruk yang dialami si kecil mungkin tidak berkaitan dengan masalah psikis. Adalah wajar bila balita sesekali mengalami mimpi buruk dan ia mungkin terjadi bukan karena apa yang ayah atau bunda katakan atau lakukan.

Baca juga: 6 Jenis makanan super untuk balita

Tips mencegah mimpi buruk si kecil

Meskipun masih perlu dibuktikan secara ilmiah, cobalah untuk melakukan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur untuk mencegah mimpi buruk terjadi. Misalnya, kita bisa memandikan si kecil dengan air hangat sebelum tidur, menceritakan kisah yang menenangkan, atau menyanyikan sebuah lagu pengantar tidur. Bila ayah dan bunda memilih bercerita sebelum tidur, buku anak-anak yang berisi cerita yang mengaitkan tidur dengan suasana yang santai dan menyenangkan bisa menjadi pilihan.

Suasana kamar tidur yang nyaman juga akan membantu si kecil tidur lebih nyenyak. Aturlah suhu kamar tidur senyaman mungkin bagi si kecil, tidak terlalu dingin dan tidak gerah. Atur juga penerangan kamar tidur supaya tidak berlebihan karena penerangan yang berlebihan bisa mengganggu tidur. Bila si buah hati takut akan gelap, pastikan beri penerangan yang cukup di kamar tidur.

Bila mimpi buruk kerap terjadi meskipun kita telah melakukan berbagai langkah di atas, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Mimpi buruk si kecil mungkin berkaitan dengan masalah pada kehidupan nyata yang perlu ditemukan dan diatasi.

Baca juga: Manfaat ajaib kulit kentang bagi si kecil

Cara menenangkan balita yang bermimpi buruk

Datanglah kepada si kecil sesegera mungkin bila ia terbangun dan menangis di malam hari. Sangatlah penting untuk meyakinkan si kecil secara fisik, karena itu lakukan kontak fisik yang menenangkan seperti mengusap-usap punggung si kecil hingga ia berhenti menangis. Berikan juga mainan favoritnya karena ini mungkin bisa menenangkan.

Periksa penerangan kamar sekali lagi untuk memastikan ruangan cukup terang dan tidak membuat si kecil takut dan temani si kecil hingga ia bisa kembali tidur. Pada balita yang sudah lebih besar dan mengerti perkataan kita, cobalah untuk membicarakan mimpi buruknya tersebut untuk mengatasi ketakutannya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru