09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Nutrisi super dibalik lezatnya alpukat bagi balita

KategoriNutrisi
Di lihat5367 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Kandungan nutrisi buah alpukat

Meski rasanya tak manis, alpukat dikelompokan sebagai buah dengan kandungan nutrisi tinggi.Dibalik tekstur dagingnya yang lebut dan rasanya yang legit, terkandung beragam vitamin, mineral, dan nutrisi penting yang diperlukan si kecil untuk pertumbuhan optimalnnya. Para ahli nutrisi anak merekomendasikan alpukat untuk diberikan pada si kecil sejak usia mereka menginjak 6 bulan.

Kandungan nutrisi buah alpukat

1. Lemak tak jenuh tunggal. Dalam bahasa inggris jenis lemak ini disebut dengan istilah monounsaturated fat, dan oleh para ahli dikelompokan sebagai lemak sehat. Konsumsi dalam jangka panjang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menurut situs Asosiasi Jantung Amerika, konsumsi rutin lemak tak jenuh tunggal dapat menghindarkan seseorang dari resiko penyakit jantung dan stroke.

Baca juga: 6 Tips agar si kecil suka sayur

2. Serat. Menurut situs nutritionaldata.self.com, dalam 75 gram daging alpukat matang terkandung sekitar 5 gram serat yang bagus untuk pencernaan si kecil. Dalam tubuh serat tidak dicerna tapi dilewatkan di saluran pencernaan sehingga si kecil terhindar dari gejala-gejala sembelit seperti susah BAB, feses (kotoran) keras yang menyebabkan sakit saat BAB, serta BAB tidak teratur.

3. Vitamin. Dalam 75 gram daging alpukat terkandung sekitar 15.3 mikrogram vitamin K yang dapat memenuhi 19.1 persen angka kecukupan harian. Vitamin K diperlukan tubuh si kecil untuk membantu pembekuan darah saat terjadi luka. Selain vitamin K, alpukat juga kaya akan kandungan vitamin E, B6, dan vitamin C.

Baca juga: 5 Jenis permainan sesuai usia si kecil

4. Kalium. Selama ini buah yang dikenal kaya akan kandungan kaliumnya adalah pisang. Ternyata kandungan kalium pada alpukat jauh lebih tinggi. Dalam 75 gram daging buah alpukat matang terkandung 354 miligram kalium, bandingkan dengan pisang yang hanya mengandung 258 miligram untuk porsi penyajian yang sama. Kalium atau potassium adalah unsur yang diperlukan tubuh untuk menjaga kinerja normal kontraksi otot dan menjaga tekanan darah. Selain unsur kalium, alpukat juga kaya akan kandungan zink dan magnesium. Komponen zink atau seng diperlukan untuk imunitas tubuh si kecil, sedangkan magnesium diperlukan untuk pertumbuhan otot yang optimal.

5. Nutrisi lainya. Selain beragam nutrisi diatas, alpukat juga mengandung glutathione yang berperan sebagai antioksidan dan dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit kanker, serta komponen lutein yang diperlukan untuk kesehatan mata balita bunda.

Baca juga: Penyebab ketombe pada balita

Cara menyajikan alpukat untuk si kecil

Masyarakat Indonesia umumnya mengkonsumsi alpukat dengan cara di jus, dijadikan bahan es campur, puding, atau kue. Khusus buat si kecil, alpukat dapat diberikan langsung pada meraka. Sebagai pemanis bisa ditambahkan sedikit madu.

Selain menu tersebut, alpukat dapat disajikan dengan roti. Iris tipis alpukat matang kemudian susun diatas roti tawar, beri sedikit madu atau susu coklat kemudian gulung dan sajikan sebagai sarapan pagi atau cemilan menjelang sore si buah hati.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru