09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Panduan efektif menurunkan berat badan pasca-persalinan

KategoriKesehatan
Di lihat1214 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berikut adalah tips menurunkan berat badan setelah persalinan

Bunda yang baru saja melahirkan pasti ingin segera kembali ke berat dan bentuk tubuh sebelum kehamilan. Akan tetapi, pada kenyataannya tidak semua wanita segera kembali ke berat badan normalnya setelah si kecil lahir ke dunia. Karena itu, jangan terfokus pada target untuk mengembalikan berat dan bentuk tubuh seperti semula. Sebaliknya, lakukan hal-hal yang bisa membangun tubuh dan kondisi psikis yang sehat. Beberapa hal di bawah ini bisa menjadi panduan bagi bunda untuk mewujudkannya.

Baca juga: Langkah mengatasi sifat manja berlebih pada anak

Pengaruh menyusui pada berat badan

Menyusui terbukti membantu mengurangi berat badan pasca-persalinan. Menyusui bisa membakar hingga 500 kalori setiap harinya, bergantung pada banyaknya air susu yang diproduksi tubuh. Selain itu, menyusui juga berperan dalam pelepasan hormon yang mengembalikan uterus ke ukuran sebelumnya. Setelah menyusui, nafsu makan bunda akan berkurang dan tentunya bunda akan merasa lebih nyaman dalam melakukan berbagai aktifitas. Hal ini bisa menjadi penyebab berubahnya tubuh ke berat dan bentuk normal sekalipun pembakaran kalori menurun setelah masa menyusui.

Diet pasca-persalinan

Diet pasca-persalinan sebaiknya tidak dilakukan kurang dari 6 minggu setelah persalinan. Pasalnya, sebelum 6 minggu tubuh bunda masih memerlukan pemulihan pasca-persalinan. Mulailah diet pasca-persalinan setelah bunda siap dan dokter memberikan lampu hijau. Akan tetapi, ingat selalu  bahwa tubuh tetap memerlukan asupan kalori yang cukup. Bila tubuh kurang asupan kalori, produksi ASI juga akan bekurang.

Baca juga: Tips mengarahkan anak yang berkemauan kuat

Selain itu, menurunkan berat badan terlalu cepat juga membuat tubuh melepaskan toksin yang dapat bercampur dengan air susu. Kalaupun bunda tidak menyusui, kurangnya kalori bisa memperlambat metabolisme sehingga penurunan berat badan juga menjadi lebih lambat. Mintalah saran dokter untuk menentukan seberapa banyak asupan kalori yang bunda butuhkan sesuai kondisi tubuh bunda.

Lakukan olahraga secara teratur

Olahraga teratur dapat membantu tubuh kembali pada berat dan bentuknya sebelum kehamilan. Pastikan bunda mendapat lampu hijau dari dokter sebelum memulai olahraga rutin, kemudian lakukan olahraga yang ringan, seperti berjalan-jalan pagi, yoga, berenang, atau bersepeda. Bila sulit meninggalkan si kecil si rumah, membawa bayi berjalan-jalan menggunakan stroller bisa menjadi pilihan.  Akan tetapi, jangan berolahraga ketika bunda merasa sangat kelelahan, misalnya karena kurang tidur mengurus si kecil yang rewel semalaman. Pastikan tubuh dalam keadaan baik sebelum berolahraga.

Baca juga: Kenapa sebaiknya si kecil diajari makan sendiri?

Libatkan pasangan

Kerjasama dengan pasangan akan sangat membantu usaha bunda untuk mengembalikan berat badan pasca-persalinan. Ajak pasangan berjalan-jalan di pagi atau sore hari, atau kegiatan lain yang mendukung program penurunan berat badan pasca-persalinan. Dukungan pasangan akan membuat kita bunda lebih bersemangat. Ajak juga pasangan untuk berkomitmen mengganti menu sehari-hari, dari makanan tinggi lemak menjadi makanan yang lebih sehat, misalnya sayur-sayuran dan buah-buahan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru