09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Panduan menyusui bayi yang terlahir prematur

KategoriBayi
Di lihat1047 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

informasi seputar menyusui bayi prematur

Semua ahli bersepakat bahwa ASI adalah sumber nutrisi terbaik untuk bayi termasuk si mungil yang lahir secara prematur. Salah satu yang membuat ASI menjadi begitu istimewa bagi bayi prematur adalah kandungan nutrisinya yang cocok bagi mereka, didalam air susu ibu terkandung protein, vitamin, mineral, dan gula yang diperukan tubuh si buah hati. Terlebih ASI mengandung komponen kekebalan tubuh yang dapat melindungi si buah hati dari serangan kuman jahat.

Baca juga: Waspada! Serangan jamur pada anak balita

Meski dipasaran sudah banyak susu formula yang dibuat untuk bayi prematur namun susu jenis ini tidak bisa menandingi ASI dalam hal kandungan antibodi dan komponen lainnya yang berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh bayi bunda.

Kemampuan si kecil dalam menghisap ASI secara langsung dipengaruhi oleh usia perkembangan mereka, namun seandainya bayi prematur belum mampu minum ASI secara mandiri, tenaga medis biasanya akan menggunakan bantuan alat khusus untuk menampung air susu ibu dan memberikanya pada mereka. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa bayi bunda  segera mendapatkan asupan nutrisi yang ia butuhkan.

Tantangan dalam menyusui bayi prematur

Beberapa ibu yang melahirkan secara prematur menghadapi tantangan berupa produsi air susu yang tidak optimal. Bila kondisi ini terjadi, bunda dapat menggunakan alat khusus untuk memeras susu kemudian ditampung untuk diberikan pada si mungil saat diperlukan. Jika air susu ibu betul betul tidak keluar, biasanya dokter akan merekomendasikan susu formula khusus untuk bayi prematur.

Baca juga: Penyebab nafas tak sedap pada anak-anak

Tantangan lainnya bagi bunda yang mempunyai bayi prematur adalah membiasakan si kecil untuk dapat menyusu dengan baik. Rata-rata bayi belum memiliki kemampuan menghisap, bernafas, dan menelan secara sempurna sampai usia mereka menginjak 32 bulan dalam kandungan, jadi jika si kecil lahir sebelum usia 32 minggu, refleks mereka untuk menghisap puting, bernafas, dan menelan ASI perlu dilatih.

Tips menyusui bayi prematur

Kemampuan bunda untuk mengenali tanda-tanda lapar pada si kecil sangat penting karena. Dibandingkan bayi yang lahir normal, tangisan lapar si kecil yang terlahir prematur cenderung lebih pelan. Hal ini mungkin disebabkan karena mereka merasa lebih lemas akibat kelahiran yang lebih awal dari yang seharusnya.

Targetkan untuk menyusui mereka setidaknya setiap tiga jam sekali atau saat ia nampak lapar. Bunda dapat membangunkan si kecil yang sedang lelap untuk minum ASI jika jadwalnya sudah tiba. Menurut sebagian ahli, membangunkan si kecil untuk minum, dapat melatih insting menghisap mereka.

Baca juga: Gejala si kecil mengalami infeksi saluran kencing

Selain memberikan mereka asupan nutrisi lewat ASI, sama halnya dengan bayi yang lahir normal, bunda juga perlu melatih skil bagaimana merawat si kecil termasuk saat memandikan, memakaikan baju, dan membedong mereka dengan tepat. Dengan perawatan dan kasih sayang ayah bunda, si mungil akan tumbuh sehat sebagaimana bayi lain yang terlahir dengan normal.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru