09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Panduan praktis membuat makanan bayi di rumah

KategoriBayi
Di lihat1490 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara membuat makanan bayi sendiri

Bagi bunda yang ingin memastikan makanan si kecil berkualitas dengan nutrisi berimbang, membuat makanan bayi sendiri adalah pilihan tepat. Selain bunda bisa bebas memilih bahan yang cocok untuk kebutuhan si kecil, membuat makanan bayi sendiri dapat membantu bunda memastikan bahwa makanan si kecil bebas pengawet, pewarna buatan, dan zat-zat kimia berbahaya lainnya.

Baca juga: Tips traveling udara bersama anak batita

Memang butuh sedikit waktu dan kesabaran, namun melalui panduan di bawah ini membuat makanan bayi bisa menjadi lebih simpel dan praktis. Berikut adalah alat-alat yang diperlukan untuk membuat makanan bayi sendiri di rumah:

Alat untuk membuat makanan bayi

1. Blender elektrik. Alat ini adalah salah satu yang paling praktis untuk menghaluskan atau membuat bubur dari buah yang sudah dikukus atau sayuran yang sudah dimasak.

2. Food Processor. Karena kapasitasnya yang cukup besar, alat ini bisa digunakan untuk membuat beberapa porsi makanan bayi sekaligus.

3. Food mill manual. Food mill atau biasa juga disebut dengan food grinder adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk menghaluskan makanan pendamping ASI. Food mill tidak hanya dapat menghaluskan bahan makanan seperti blender dan mixer elektrik, melainkan juga dapat memisahkan biji dan kulit buah yang dihaluskan. Kita juga dapat menentukan tekstur yang diinginkan dari makanan yang dihaluskan, tergantung pada jenis pisau yang kita pilih.

4. Garpu. Garpu adalah alat sederhana namun efektif untuk menghaluskan buah-buahan dan sayuran yang sudah dikukus.

Baca juga: 7 Jenis makanan berserat tinggi untuk si kecil

Tips pembuatan makanan sehat bayi

1. Pada masa awal pengenalan makanan padat, bayi hanya bisa mengkonsumsi bubur atau makanan yang sudah dihaluskan (makanan semi padat). Ada 2 cara pengolahan yang dapat bunda dipilih untuk membuat makanan semi padat, yaitu dengan cara mengukus dan memanggang. Jangan merebus bahan makanan dalam air, karena dapat membuat vitamin dan mineral yang terkandung dalam makanan terlepas ke dalam air. Terlebih, ada beberapa vitamin dan mineral yang mudah larut dalam air dan bisa rusak bila terkena panas tinggi. Cara memasak dengan mengukus dan memanggang dapat mengunci kandungan mineral, vitamin, dan nutrisi lain yang ada di dalam makanan.

2. Ketika bayi menginjak usia 10 bulan, ia sudah siap untuk makan segala bahan makanan yang disajikan untuk anggota keluarga lain. Namun tentu saja harus dihaluskan terlebih dahulu. Karenanya, supaya praktis bunda dapat mengambil bahan makanan yang akan diolah untuk menu harian keluarga sebagai bahan makanan bagi si kecil. Bunda hanya perlu mengolahnya secara terpisah menggunakan food mill, blender, atau mixer.

3. Pastikan bunda menyajikan makanan HANYA ketika suhunya sudah turun (sudah hangat). Menyajikan makanan panas yang baru dimasak dapat menimbulkan bahaya serta melukai bayi.

Baca juga: 6 Dampak konsumsi gula berlebih bagi si buah hati

4. Untuk menghindari membuang-buang makanan, biasakan untuk mengolah bahan makanan untuk satu porsi makanan si kecil. Tidaklah aman untuk menyajikan kembali porsi yang sudah pernah disajikan (sisa makanan bayi) karena ia mungkin terkontaminasi bakteri dari kulit atau air liur bayi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru