09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Panduan singkat memulai toilet training pada si kecil

KategoriParenting
Di lihat1834 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

bagaimana cara membiasakan anak balita BAB dan BAK sendiri di toilet?

Anak-anak yang siap melakukan toilet training atau berlatih menggunakan kamar mandi baik untuk BAB atau BAK, biasanya ditunjukan dengan ketertarikan mereka untuk menggunakan toilet. Hal ini biasanya dimulai kira-kia pada saat usia mereka menginjak 2 hingga 3 tahun. Bila bunda menemukan hal-hal di bawah ini pada diri si kecil, kemungkinan ia sudah siap memulai toilet training.

Baca juga: Cara membuat buah-buahan kering untuk anak

Tanda balita siap menjalani toilet training

1. Si kecil mulai merasa risih dan minta ganti popok bila popoknya kotor. Ia juga mulai bisa memberitahu bunda ketika ia buang air kecil atau buang air besar. Bila hal-hal tersebut terjadi, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk mengenalkan penggunaan toilet pada si kecil.

2. Si kecil mulai suka bertanya mengenai bagaimana urin dan feses terbentuk serta kemana mereka pergi setelah kita menggunakan toilet. Ini adalah kesempatan yang baik bagi bunda memperkenalkan toilet dan cara kerjanya.

3. Si kecil mulai tertarik dan suka mengikuti bunda, ayah, ataupun anggota keluarga lainnya ketika buang air.

4. Si kecil mulai siap menggunakan toilet bila fesesnya sudah padat dan tidak lagi lembek seperti feses bayi. Selain itu, ia juga sudah bisa menarik celananya sendiri untuk melepasnya.

Baca juga: Sumber protein nabati terbaik untuk anak

Peralatan yang dibutuhkan

Proses toilet training biasanya memang sedikit berantakan dan penuh tantangan. Akan tetapi, dengan peralatan yang tepat, proses pengenalan toilet pada mereka bisa menjadi lebih mudah.

  • Gunakan pispot khusus anak-anak karena ukurannya yang sesuai bagi si kecil. Pispot ada yang berbentuk seperti tempat duduk anak dengan wadah untuk menampung kotoran. Ada pula pispot yang berbentuk seperti miniatur toilet lengkap dengan tutupnya, bahkan ada pula yang didekorasi dengan gambar-gambar kartun atau dekorasi lain yang menarik. Pilihlah pispot yang paling sesuai dengan si kecil.
  • Tempat duduk yang bisa disisipkan di toilet. Terkadang, memulai toilet training langsung dengan menggunakan toilet lebih mudah daripada mengunakan pispot. Karena itu, belilah tempat duduk khusus anak yang bisa disisipkan di toilet. Tempat duduk ini memiliki lubang dengan ukuran yang pas bagi si kecil sebagai jalan lewatnya kotoran ke dalam mangkuk toilet.

Tips memulai toilet training

Beberapa hari pertama toilet training mungkin tidak mudah. Bunda akan mendapatkan tugas ekstra untuk membersihkan kotoan yang tercecer atau mencuci lebih banyak baju yang terkena kotoran. Akan tetapi, ada beberapa ide yang layak dicoba untuk membuat proses toilet training lebih mudah.

1. Biarkan si kecil tanpa popok selama beberapa hari. Mungkin ia bisa mengunakan kaos yang longgar dan sedikit panjang atau menggunakan gaun, namun jangan menggunakan popok. Pilih pakaian yang mudah dipakai dan dilepas bila diperlukan.

2. Awasi si kecil. Bila ia menunjukkan tanda-tanda ingin buang air besar atau buang air kecil, segera bimbing ia ke toilet.

3. Ikuti kebiasaan si kecil. Misalnya, bila ia biasa pipis atau buang air besar sepulang dari penitipan anak, amati kebiasaan ini dan bimbing ia ke toilet di saat yang tepat.

Baca juga: Makanan untuk pertumbuhan otak si kecil

4. Lakukan toilet training dengan cara yang halus dan jangan memaksa. Pada awalnya, si kecil mungkin hanya duduk di toilet dan tidak melakukan apa-apa. Bila ini terjadi selama 4 hingga 5 menit, ajak ia turun dari toilet, cuci tangannya, dan coba lagi lain kali. Bila si kecil belum mau menggunakan toilet, jangan memaksanya. Pun bila ia mengotori lantai atau bajunya di perjalanan ke toilet, tetap tenang, dan bersihkan. Bila kita bersikap keras, toilet training justru bisa gagal.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru