09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Panduan singkat pemberian obat bagi bayi bunda

KategoriBayi
Di lihat984 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara mudah memberikan obat pada bayi

Pemberian obat khususnya bagi bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan, umumnya dokter anak akan meminimalisir penggunaan obat kimia khususnya bagi si kecil dibawah 1 tahun. NamunĀ  terkadang kondisi khusus menyebabkan si buah hati harus minum obat. Bagi ayah dan bunda, memberi obat-obatan pada si mungil ketika ia sakit mungkin merupakan tantanggan tersendiri. Akan tetapi, dengan beberapa panduan sederhana berikut, memberi obat-obatan pada si buah hati akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Baca juga: 7 Tips mendorong kemandirian si buah hati

Cara aman memberi obat untuk si kecil

Jika si kecil sakit segera temui dokter anak untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan medis, saat dokter meresepkan obat, selalu perhatikan petunjuk pada kemasan obat dengan seksama sebelum ayah dan bunda berikannya pada si kecil. Cermat dengan jenis obat yang sama dengan merk yang berbeda mungkin mengandung bahan aktif yang berbeda-beda. Paracetamol contohnya, ada beragam merek obat yang mengandung paracetamol dan setiap merek mungkin memiliki konsentrasi zat aktif yang berbeda.

Jika ayah bunda pergi bekerja, selalu beritahukan kepada pengasuh bayi tentang waktu pemberian obat dan dosis yang harus diberikan pada si kecil untuk mencegah kesalahan dalam penggunaan obat-obatan. Bila diperlukan, tuliskan petunjuk pemberian obat-obatan yang sedang dikonsumsi si kecil dan letakkan di dapur atau tempat lain di rumah yang mudah terlihat.

Agar bayi menelan obat yang diminumnya

Baca juga: Cara membuat cat lukis aman untuk anak

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu ayah dan bunda dalam memberikan obat-obatan kepada si kecil melalui mulut.

  • Gunakan obat-obatan berkonsentrasi tinggi. Semakin tinggi konsentrasi obat, semakin kecil dosis yang harus diberikan. Ini akan mempermudah ayah dan bunda dalam memberikan obat yang harus ditelan si kecil.
  • Gunakan pipet untuk memasukkan obat-obatan ke dalam mulut bayi. Ingat untuk menggosok gigi si kecil secara teratur karena kandungan gula dalam obat-obatan bisa mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut si kecil. Setelah menggunakan pipet, jangan lupa untuk membersihkan peralatan tersebut dengan air panas dan sabun.
  • Alihkan perhatian bayi dengan mainan ketika ayah dan bunda memberikan obat kepada si kecil.
  • Jangan memaksa memasukkan obat ke dalam mulut bayi karena bisa membuat bayi ketakutan. Hal ini bisa memperkuat rasa takut si kecil terhadap obat dan bisa membuatnya tersedak.
  • Jangan mencampur obat yang harus ditelan si kecil ke dalam minuman. Beberapa jenis obat bekerja kurang efektif bila dikonsumsi dengan air atau bila dihangatkan. Selain itu, bila bayi merasa tidak sehat ia mungkin tidak dapat menghabiskan minumannya sehingga tidak semua obat dalam minuman berhasil ditelannya.
  • Bila ayah dan bunda masih kesulitan memberikan obat-obatan kepada si buah hati, mintalah saran dari dokter.

Tips memberikan obat tetes telinga pada bayi

Bila bayi anda mengalami infeksi pada bagian telinga luar, dokter mungkin meresepkanĀ  obat tetes telinga. Baringkan si kecil pada sisi tubuhnya di atas lutut bunda. Tarik dengan lembut bagian terluar telinga bayi ke arah luar-atas untuk meluruskan saluran telinga bayi. Ayah dan bunda tidak perlu khawatir karena perlakuan ini tidak akan menyakiti telinga si kecil. Setelah itu, teteskan obat tetes telinga secara langsung pada lubang telinga si kecil.

Setelah obat tetes telinga berhasil dimasukkan ke liang telinga, biarkan bayi tetap berbaring pada posisi tersebut. Hal ini untuk memastikan obat tetes telinga telah masuk semuanya ke dalam telinga. Ayah dan bunda mungkin membutuhkan kapas untuk menutup telinga si kecil bila dosis obat yang diberikan lebih dari 1 tetes. Bila infeksi telinga terjadi pada kedua belah telinga si kecil, balikkan tubuhnya dan ulangi prosedur di atas pada telinga satunya.

Baca juga: 3 Jenis mainan kreatif buatan bunda untuk si kecil

Cara mudah memberikan obat tetes mata pada si kecil

Sebelum memberikan obat tetes mata atau salep mata, cuci dahulu kedua tangan bunda dan siapkan beberapa lembar tissue. Setelah itu, baringkan si kecil dipangkuan bunda dengan wajah menghadap lurus ke atas. Katakan pada si kecil untuk membuka matanya lebar-lebar. Ingatlah untuk tetap tenang karena itu akan mempengaruhi perasaan si kecil. Teteskan masing-masing satu tetes obat pada kedua belah mata. Usap kelebihan obat yang mengalir keluar dari mata si kecil dengan tissue.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru