09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Panduan singkat seputar menyusui bayi pertama bunda

KategoriMenyusui
Di lihat2145 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

bagaimana cara yang tepat dan benar untuk menyusui bayi pertama bunda

Semua bunda pasti paham akan manfaat menyusui bagi si buah hati. Air susu ibu mengandung nutrisi seimbang dan cukup untuk bayi bunda. Sedemikian hebatnya ASI sehingga diawal-awal setelah kelahiran, si kecil tidak memerlukan makanan atau minuman kecuali air susu ibu. Dibandingkan dengan susu formula, ASI lebih mudah dicerna tubuh bayi. ASI juga mengandung komponen yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Baca juga: Manfaat sehat susu kedelai untuk anak

Bagi bunda sendiri, menyusui dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan pasca-persalinan. Meski ada segudang manfaat baik bagi si mungil maupun bagi bunda, tetap menyusui merupakan aktivitas yang penuh dengan tantangan terutama bagi bunda yang baru pertama kali menyusui. Berikut adalah beberapa tips agar aktivitas menyusui dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Tips menyusui setelah persalinan

Sebelum proses persalinan, bunda dapat mengetahui tentang seluk beluk menyusui dari berbagai sumber, namun terkadang pada prakteknya, bunda bisa menghadapi berbagai kendala yang mungkin sebelumnya tidak diperkirakan. Ketika aktivitas menyusui dimulai sesaat setelah persalinan, jangan sungkan untuk bertanya dan meminta bantuan khususnya kepada dokter atau perawat tentang cara menyusui yang benar.

Cari posisi yang enak menurut bunda saat menyusui. Posisikan badan untuk duduk dan gunakan bantal untuk mengganjal bagian pinggang dan punggung agar bunda dapat menyusui dengan nyaman dalam waktu yang cukup lama. Gendong si mungil dan posisikan di dekat dada, gunakan tangan kanan atau kiri untuk menyangga kepala bayi, dan gunakan tangan yang satunya untuk mengarahkan payudara.

Baca juga: Manfaat sehat kulit kentang

Gunakan puting susu untuk menekan bibir bawah si kecil agar mulutnya terbuka, dan secara reflek biasanya mereka akan mengisap ASI. Saat bunda bermaksud menghentikan mimi si kecil, masukan dengan perlahan jari telunjuk bunda ke mulut bagian samping si kecil.

Kapan harus memperikan ASI?

Beberapa pekan setelah kelahiran, umumnya bayi akan minum susu ibu setiap 2-3 jam. Bunda harus jeli mendeteksi tanda-tanda kapan si kecil mulai lapar seperti nampak gelisah, menangis, dan menggerak-gerakan bibirnya dalam pola menghisap.

Saat mereka minum ASI, berikan air susu dari satu payudara selama kurang lebih 20 menit, setelahnya bantu mereka untuk bersendawa agar udara yang ada diperutnya keluar. Setelah itu bunda bisa menyusui mereka kembali dari payudara yang satunya lagi sampai mereka kenyang. Si kecil akan melepaskan hisapanya jika sudah merasa cukup, jika tidak, mereka akan tetap menghisap ASI.

Hindari pemberian empeng

Baca juga: Usia tepat bagi si kecil untuk minum susu sapi

Sebagian bayi akan merasa nyaman saat mereka menghisap sesuatu termasuk empeng, namun para ahli merekomendasikan bunda untuk tidak memberikan empeng setidaknya diawal-awal masa setelah kelahiran. Membiasakan mereka ngempeng dipekan-pekan pertama dinilai dapat mempengaruhi pola minum ASI mereka.

Para ahli merekomendasikan, jika bunda bermaksud memberikan si kecil empeng, berikan setidaknya saat usia mereka menginjak 3-4 pekan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru