09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Panduan singkat seputar nutrisi ibu menyusui

KategoriMenyusui
Di lihat1616 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah rekomendasi seputar sumber nutrisi bagi ibu menyusui

Saat bunda menyusui, bunda memberikan nutrisi terbaik yang akan mengoptimalkan tumbuh kembang si buah hati. Mungkin bunda bertaya-tanya seputar jenis makanan dan minuman apa saja yang direkomendasikan agar produksi air susu ibu tetap terjaga. Berikut adalah beberapa tips seputar pola makan bagi ibu menyusui.

Ekstra kalori untuk ibu menyusui

Sama halnya dengan ibu hamil, ibu menyusui juga memerlukan asupan estra kalori untuk menjaga agar kondisi tubuh dan produksi ASI dalam kondisi normal. Menurut para ahli, rata-rata ibu menyusui memerlukan tambahan kalori sebanyak 400-500 kalori dalam sehari. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ibu menyusui dapat memilih beragam jenis makanan yang disukai misalnya sepotong roti gandum dengan 1 sendok makan selai kacang, satu buah pisang atau apel, dan sekitar 1 gelas yogurt bebas lemak.

Baca juga: 4 Tips agar bayi lelap sepanjang malam

Makanan untuk ibu menyusui

Tidak ada panduan khusus dalam menentukan menu makanan ibu menyusui, yang terpenting adalah pilihlah beragam jenis makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam porsi yang berimbang. Sebagai sumber protein, bunda dapat memilih daging sapi yang juga kaya akan kandungan zat besi, ayam, dan ikan. Sumber protein nabati seperti tahu, kacang-kacangan, jamur, dan tempe adalah pilihan yang bagus bagi bunda menyusui.

Untuk kebutuhan karbohidrat, disarankan bunda mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks misalnya sereal gandum, roti gantum untuh, atau beras merah. Sayuran dan buah-buahan juga direkomendasikan untuk disantap setiap ahri agar kebutuhan akan vitamin dan mineral harian bunda terpenuhi.

Baca juga: Resep agar si kecil gak mabuk perjalanan

Bahan makanan yang dikonsumsi bunda dapat mempengaruhi rasa ASI menurut lidah si kecil, dan ini bagus dalam hal mempersiapkan mereka saat mulai mengkonsumsi makanan semi padat kelak. Untuk memastikan angka kecukupan vitamin dan mineral baik bagi ibu maupun bayi, bunda dapat mengkonsumsi suplemen vitamin. Konsultasikan terlebih dahulu hal ini dengan dokter agar terhindar dari resiko overdosis vitamin.

Jumlah cairan selama menyusui

Ibu yang sedang menyusui wajib menjaga kadar air dalam tubuhnya agar terhindar dari dehidrasi. Pastikan untuk menum air, terutama air putih secara teratur setiap harinya. Jangan menunggu haus untuk minum, dan selalu amati warna air seni. Jika warnanya lebih gelap atau lebih berbau dari biasanya, besar kemungkinan bunda mengalami dehidrasi ringan.

Untuk mempermudah minum, selalu sediakan segelas air didekat bunda terutama saat bunda menyusui. Targetkan agar bunda minum setidaknya 8 gelas air dalam sehari. Air putih adalah sumber cairan terbaik bagi ibu hamil, namun bunda dapat pula memilih sumber cairan lainya termasuk susu khusus menyusui, jus, dan sup.

Baca juga: Tips cuci tangan yang benar

Waspada dengan jus dalam kemasan serta minuman manis lainya, mengkonsumsi terlalu banyak gula dapat memicu gangguan kesehatan gigi dan berkontribusi dalam menaikan berat badan. Sebaiknya hindari beragam jenis minuman yang mengandung kafein termasuk kopi dan minuman berenergi. Kandungan kafein dalam minuman tersebut dapat berpindah ketubuh bayi melalui perantaraan air susu ibu. Kafein dalam ASI dapat mempengaruhi pola tidur bayi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru